Hadiri Pelantikan LKAAM Pariangan, Bupati Tanah Datar: Setiap Keputusan Libatkan Pemangku Adat dan Alim Ulama

Bupati Tanah Datar menghadiri pelantikan pengurus LKAAM Pariangan periode 2022-2027

TANAH DATAR, SENANDUNGKABAR.com - Pengurus Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Pariangan Kabupaten Tanah Datar periode 2022-2027 di kukuhkan bertempat di gedung LKAAM setempat. Bupati Tanah Datar Eka Putra langsung menghadiri pengukuhan tersebut.
 
"Pemerintah Kabupaten Tanah Datar berupaya melibatkan pemangku adat dan alim ulama dalam setiap mengambil keputusan, untuk mewujudkan kepemimpinan yang seimbang di Luhak Nan Tuo, ibarat pepatah Minangkabau, yakni tigo tungku sajarangan, tali tigo sapilin," kata Bupati Tanah Datar Eka Putra saat menghadiri pengukuhan pengurus Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Pariangan periode 2022-2027, di Gedung LKAAM setempat, Jumat (2/6/2023).
 
 
Eka mengatakan,  untuk mengambil setiap keputusan melalui komunikasi dengan pemangku adat dan alim ulama. Kata dia lagi,  jika pemerintah kuat, pemangku adat kuat, dan alim ulama juga kuat serta seiring sejalan ketiganya, kabupaten Tanah Datar akan lebih baik kedepannya.
 
"Kehadiran LKAAM tidak bisa dipisahkan kehidupan masyarakat Minangkabau, yang keberadaannya sangat penting untuk menyelesaikan masalah dengan hukum-hukum terkait adat," katanya.
 
Eka menyebut, Pemerintah Daerah memiliki perhatian tinggi terhadap pelestarian nilai adat dan budaya, dan itu jelas tergambar di visi pemerintahan, yakni terwujudnya Kabupaten Tanah Datar madani berlandaskan adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah. Dipertegas di misi pertama, yaitu meningkatkan kehidupan beragama, beradat dan berbudaya.
 
 
"Kami terus berusaha memberikan yang terbaik bagi lembaga adat di Tanah Datar, sebagai langkah konkritnya pemerintah memberikan perhatian dengan meningkatkan biaya operasional KAN, LKAAM, Bundo Kanduang dan oganisasi keagamaan, disebutkan di salah satu dari sepuluh program unggulan," ujarnya.
 
Eka  mengucapkan rasa terima kasih ke pengurus LKAAM Pariangan terdahulu, yang telah berbuat banyak dalam peningkatan kehidupan beragama, beradat dan berbudaya di kecamatan tersebut.
 
"Kepada pengurus LKAAM Pariangan periode 2022-20227, kami mengucapkan selamat menjalankan tugas, teruslah menjadi mitra pemerintah, serta wadah koordinasi kerapatan adat dari nagari-nagari," ujarnya.
 
Sementara itu, Ketua LKAAM Tanah Datar Arisno Dt. Andomo selepas dikukukannya pengurus LKAAM Pariangan berharap ke LKAAM Pariangan periode 2022-2027 memberikan usaha terbaiknya untuk mambangkik nan tarandam, dengan arti kata, membangkitkan marwah kehormatan yang terpendam.
 
"Banyak pekerjaan yang akan direalisasikan secepatnya, salah satunya LKAM Tanah Datar kini akan menerbitkan tabloid berisi tentang adat salingka nagari, yang nantinya dapat menjadi pembelajaran adat bagi generasi muda. Maka dari itu, perlu peran aktif seluruh pihak mensukseskannya, ini adalah upaya mambangkik batang tarandam," ujarnya.
 
 
Ketua LKAAM Pariangan periode 2022-2027 S. Dt. Kayo mengatakan akan terus mendukung program pemerintah baik yang telah terlaksana maupun akan terlaksana, guna membangun masyarakat.
 
"Kami akan berupaya memberikan yang terbaik bagi masyarakat, maka dari itu, adanya dukungan seluruh pihak, dalam menjalankan amanah ini," ujarnya pada saat itu, dihadiri juga Camat Pariangan Mulkhiri, Forkopimca, Niniak Mamak, Bundo Kanduang dan Tokoh Masyarakat Pariangan lainnya. ( prokopim-rhn/hp)
 
Berita Terkait 
 
 
 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama