Festival Baluluak Bajarami Nagari Kumango di Kabupaten Tanah Datar Digelar

 

Silek Kumango tampil saat Festival Baluluak Bajarami di Nagari Kumango resmi digelar


TANAH DATAR, SENANDUNGKABAR.com – Festival Baluluak Bajarami Nagari Kumango di Kabupaten Tanah Datar Digelar dengan Tiupan Pupuik Batang Padi Wakil Bupati. Ditandai dengan peniupan pupuik batang padi oleh Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian didampingi dua mantan bupati periode sebelumnya M Shadiq Pasadigoe dan Zuldafri Darma serta Wali Nagari Kumango Iis Zamora Putra, di halaman masjid Amarullah yang juga merupakan icon Nagari Kumango.

 

"Saya atas nama pemerintah Kabupaten Tanah Datar menyampaikan apresiasi yang luar biasa kepada seluruh masyarakat nagari Kumango termasuk perantau, yang telah bahu membahu dalam melaksanakan festival ini. Ini menggambarkan bahwa masyarakat nagari Kumango sudah berhasil membuat festival ini secara bersama-sama dan bergotong royong," ujar Wabup Richi saat membuka acara ini., Sabtu (17/9/2022).


Richi menyampaikan,  Nagari Kumango juga memiliki andil besar untuk Kabupaten Tanah Datar ini. Terbukti dari sini telah banyak lahir tokoh-tokoh besar, terutama tokoh silek (silat) Kumango yang sudah mendunia.

 

“Selain dikenal dengan silek Kumangonya juga terkenal dengan kerupuk jangek yang sudah sejak lama diproduksi oleh beberapa masyarakatnya.,”katanya.

 

Terkait dengan event yang memang dirancang untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan UMKM dan kunjungan wisata serta untuk menggali seluruh potensi yang ada di nagari ini, menurut Wabup dari 7 (tujuh) yang sudah dilaksanakan telah mampu meningkatkan peredaran uang di nagari.

 

"Terbukti dari 7 pelaksanaan satu nagari satu event yang sudah terlaksana, dan dari hasil transaksi hampir 4 miliar rupiah uang beredar," katanya.

 

Wakil Bupati Tanah Datar meniup pupuik batang padi saat membuka festival balulauk bajarami

Wali Nagari Kumango Iis Zamora Putra berharap melalui event ini masyarakat nagari akan semakin kompak. Menurutnya, event yang diberi nama Festival Baluluak Bajarami Nagari Kumango ini memiliki makna yang cukup dalam terutama yang erat kaitannya dengan nenek moyang masyarakat nagari Kumango.

 

"Bukan cuma silek Kumango yang memiliki makna 'lahie mancari kawan, batin mancari tuhan' atau dilahir mencari kawan atau teman namun batinya tetap mencari tuhan. Festival Baluluak Bajarami juga menggambarkan bagaimana dulunya kebiasaan nenek moyang kita dalam menjalankan kehidupan mereka sehari-hari," ujarnya.

 

Asri Nurdin salah seorang tokoh perantau Nagari Kumango mengucapkan terima kasih kepada wali nagari beserta seluruh jajarannya dan masyarakat atas terlaksananya kegiatan ini.

 

"Kami mendukung penuh kegiatan ini, kalau tidak bisa dilaksanakan setiap tahun minimal 2 tahun sekali," katanya.

 

Setali tiga uang, dukungan juga disampaikan oleh Ketua Kerapatan Adat Nagari Kumango H. Nurman Dt. Panduko Intan yang juga menyatakan dukungannya atas terlaksananya kegiatan ini.

 

"Kami bangga acara ini terlaksana, bak mambangkik batang tarandam. Selain itu, orang kampung juga bisa terhibur dengan adanya acara ini," katanya.

 

Acara tersebut juga dihadiri Ketua GOW Tanah Datar Ny. Patty Richi Aprian, Kepala OPD dilingkungan Pemkab Tanah Datar, Camat Sungai Tarab Arianto beserta forkopimca, camat se Kabupaten Tanah Datar, Wali Nagari se Kabupaten Tanah Datar, angku-angku, niniak mamak, bundo kanduang, alim ulama, cadiak pandai, tokoh masyarakat dan perantau serta undangan lainnya. (Prokopim Tanah Datar)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama