Hati-Hati Penipuan Jual Beli iPhone Berkedok Promo di Medsos

 

Admin yang mengaku PS Store menunjukan KTP bahwa iming iming asli ternyata menipu

PADANG, SENANDUNGKABAR.com - Jagad dunia maya sedang diramaikan dengan promosi jual beli iPhone seken dengan harga murah. Namun, anda harus hati-hati, sebab, banyak kasus penipuan ditengah-tengah promosi.


Seorang pria berinisial TD tertarik dengan iming-iming iPhone harga murah. Dia melihat iklan tersebut melalui Instagram. Namun, sayangnya setelah dia bayar melalui transfer bank, si admin berdalih si pemilik akan menghubunginya.


Baca Juga : Serapan Anggaran Pemprov Sumbar Cukup Baik di Tahun 2022, Wakil Gubernur Sumbar : Silpa Kita Sedikit


"Saya dihubungi penjual iPhone tersebut yang mengatasnamakan Putra Siregar dengan menunjukan KTP milik Putra Siregar," ujarnya setelah mengetahui dia tertipu, Jumat (15/9/2023).


Kata korban, iPhone yang dipesannya dengan alasan harus diregistrasi dan dimasukkan ke dalam garansi harus mengirimkan sejumlah uang lagi yang alih-alih nanti uang itu akan dikembalikan.


Baca Juga : Disiplin Waktu dan Kehadiran OPD Pemko Padang, Wakil Wali Kota Ekos Albar: Harus Biasakan


"Saya mengirimkan uang sebesar Rp3.900.000 lagi sesuai permintaan orang yang mengaku Putra Siregar itu," ujarnya.


Namun sayangnya, orang yang mengaku ngaku sebagai Putra Siregar itu malah meminta biaya tambahan untuk pencabutan berkas sebesar Rp6.100.000 dengan alasan hp yang dia jual merupakan hp selundupkan yang tak lolos bea cukai.


"Tolong kirimkan uang sejumlah itu lagi, nanti akan dikirim ke rekening secara utuh. Kata si penipu uang saya tidak bisa balik kalau belum menyelesaikan yang 6 juta lebih itu," ujar penipu itu.


Baca Juga : Temuan Dana BOS, Kadisdikbud Padang: Rekening Sudah Kami Tutup


Kemudian, sang korban tidak dapat menuruti permintaannya, karena sudah tidak memiliki sejumlah uang yang dimintanya. Namun, tidak sampai disitu saja, pelaku penipuan memaksa korban ke ATM untuk memoto nomor rekening yang telah diberikan korban di ATM untuk melihat berapa isinya. Si penipu berdalih uang yang disetorkan akan mengembalikan uang korban, selain uang Rp1 juta harga pembelian iphone.


"Penipu itu memaksa saya, kalau tidak uang saya tidak dikembalikan dengan berbagai alasan. Saya minta malah diblokirnya nomor saya dan si admin intagram ikut membelokir dan akunnya dihapus," ujarnya.


Korban mengatakan, agar masyarakat berhati hati dengan iming iming hp murah di Facebook maupun Instagram, karena itu banyak penipuan.


"Saya mohon aparat kepolisian mengusut penipuan ini, karena merugikan," ujarnya (Red).


Berita Terkait


Pacu Pertumbuhan Industri di Sumbar, Gubernur Sumbar Fokus pada Inovasi dan Hilirisasi Produk


Pendirian Rumah Ibadah, Ketua FKUB Padang: Harus Sesuai Regulasi

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama