Lapangan Apeksi Kota Padang Jadi Arena Public Space


Wali Kota Padang saat rapat di rumah dinas 

PADANG, SENANDUNGKABAR.com- Sejak diresmikan 7 Agustus 2023 lalu, Galanggang Kota Padang atau Lapangan Apeksi, akan dioptimalkan menjadi public space atau area berkumpul yang ramah bagi masyarakat. Wali Kota Padang Hendri Septa berpendapat bahwa Lapangan Apeksi harus menjadi area yang menyenangkan bagi masyarakat.

"Kita ingin nuansa Lapangan Apeksi dan area Balai Kota Padang itu menjadi tempat yang nyaman bagi masyarakat segala usia," katanya dalam rapat di rumah dinas, Jumat, (1/9/2023).


Dalam mewujudkan hal itu, berbagai fasilitas sudah ditambah saat peresmian Gelanggang. Hendri Septa menuturkan, saat ini sudah dilakukan penambahan jogging track dan area bermain bagi anak-anak.

"Kita juga sudah siapkan sebanyak 32 tempat duduk untuk digunakan atau hanya sambil makan-makan. Telah disiapkan juga 8 booth yang akan diisi UMKM nantinya," tuturnya.

Selain fasilitas, Pemko Padang juga akan mengagendakan sejumlah iven guna memaksimalkan pemanfaatan Lapangan Apeksi.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Padang, Afriadi menyampaikan bahwa salah satunya dengan menjadikan area tersebut lokasi senam bersama di pagi hari.

"Sementara ini, sepertinya kita bisa memanfaatkan senam pagi pada hari Sabtu. Kalau untuk Car Free Day (CFD), butuh pertimbangan dan pembicaraan lebih lanjut, mengingat kawasan itu termasuk jalan utama," katanya.

Sejalan dengan itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Padang Fauzan Ibnovi menyampaikan booth yang tersedia nantinya akan dimanfaatkan sebagai kuliner saji serta kuliner kemasan.

"Kita akan sesuaikan jenis kuliner dengan waktu pagi, siang, dan malam. Selain itu, harus ada iven sehingga UMKM non kuliner dapat turut serta meramaikan booth di Galanggang," ucap Fauzan.


Menyambut itu, Sekretaris Dinas Pariwisata Kota Padang Rina Melati berkomitmen akan menampilkan berbagai hiburan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat nantinya.


Hadir dalam rapat itu, Sekretaris Daerah Kota Padang Andree Algamar, Asisten I Edi Hasymi, Asisten III Corri Saidan, Kepala Dinas Perdagangan Syahendri Barkah, Kepala Dinas Bappenda Yosefriawan, dan pejabat selingkungan OPD Pemko Padang. (DA/Charlie)

Berita Terkait



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama