Latsitardanus XLIII Dibuka Panglima TNI dan Kapolri

Kapolri dan Panglima TNI membuka Latsidarnus XLIII


PADANG, SENANDUNGKABAR.com - Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus) XLIII Tahun 2023 di Padang,.Sumatera Barat akhirnya resmi dibuka, Jumat (19/5/2023). Kegiatan tahunan ini dibuka Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo. 
 
Upacara pembukaan dipusatkan di Halaman Istana Gubernur Sumatera Barat. Peserta upacara diikuti oleh Taruna dan Taruni dari Akademi Kepolisian (Akpol), Akademi Militer (Akmil), Akademi Angkatan Udara (AAU), Akademi Angkatan Laut (AAL), BSSN, STIN dan IPDN serta Mahasiswa Perguruan Tinggi di Sumbar yang diwakili mahasiswa UNP dan Unbrah Padang.
 
 
Panglima TNI Yudo Margono menuturkan bahwa Latsitarda Nusantara merupakan realisasi kegiatan integratif taruna akademi TNI, akademi kepolisian yang diselenggarakan di setiap akhir pendidikan. Kegiatan yang mengusung tema ‘Latsitarda Nusantara XLIII 2023, Menuju Sumatera Barat Unggul‘ itu mengikutsertakan praja IPDN dan beberapa peserta dari instansi pendidikan berbasis pemerintah serta mahasiswa dari daerah setempat.
 
"Latsitarda yang diselenggarakan tahun ini diharapkan menjadi momentum membangun sinergitas TNI Polri dan masyarakat," kata Yudo Margono.
 
Berbagai sasaran latihan, baik kegiatan fisik dan non fisik disebut akan menjadi kontribusi nyata para peserta untuk membantu meringankan beban masyarakat di daerah latihan.
 
 
Sementara, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dalam sambutannya, menyebutkan bahwa dalam latihan ini para peserta akan melaksanakan berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan dengan sasaran fisik dan nonfisik, mulai perbaikan fasilitas umum, bakti sosial, perbaikan rumah tidak layak huni, riset sosial, seminar nasional, penyuluhan, dan sosialisasi kepada masyarakat. 
 
“Capaian fisik para peserta diharapkan bisa berkontribusi untuk menyiapkan Sumbar yang unggul,” harapnya. 
 
Listyo sempat berpesan kepada para peserta Latsitarda untuk memanfaatkan kegiatan ini demi membangun kemanunggalan TNI-Polri. Menurutnya, persatuan dan kesatuan bangsa jadi modal kekuatan menghadapi tantangan ke depan.
 
“Saya mengucapkan selamat berlatih, patuhi aturan, nilai-nilai, dan norma-norma sosial yang berlaku. Semoga kegiatan ini terselenggara sesuai dengan rencana dan dapat memberikan manfaat bagi peserta Latsitarda, penyelenggara Latsitarda, dan masyarakat Provinsi Sumatera Barat serta menjadi ladang amal bagi kita semua,” katanya.
 
 
Latsitarda Nusantara XLIII 2023 berlangsung dari tanggal 19 Mei-8 Juni 2023. Jumlah peserta Latsitardanus XLIII sebanyak 1.373 orang. Peserta Latsitardanus XLIII tersebut akan disebar di Kota Padang, Kota Pariaman, Kota Solok, Kabupaten Pesisir, dan Kabupaten Pasaman.
 
Mereka nantinya akan melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat, bakti sosial, bakti kesehatan, dan penyuluhan kepada masyarakat. Latsitardanus merupakan kegiatan akhir sebelum mereka selesai pendidikan dan dilantik oleh Presiden Republik Indonesia.(Charlie / Mul)
 
 
Berita Terkait 
 
 
 

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama