Madu Putih Asal Mentawai Produksi UMKM Kota Padang

Madu berwarna bening yang dijual Elha Miliza di Balaikota Air Pacah Padang


PADANG, SENANDUNGKABAR.com - Ada berbagai macam jenis madu, mulai dari yang berwarna kuning hingga kecokelatan. Menariknya, sudah ada madu berwarna bening. 
 
Meski tampak berbeda, tentu keberadaan madu tidak terlepas dari nutrisi dan manfaatnya bagi kesehatan penikmat. Adapun kandungan nutrisi, madu memiliki kandungan vitamin, asam, mineral, dan enzim yang berguna bagi tubuh manusia. Agaknya, madu sering dimanfaatkan sebagai pengobatan tradisional dan antibodi.
 
 
Seperti madu putih dari salah satu pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kelurahan Anduring, Kecamatan Kuranji yang memulai usahanya dari penikmat hingga penghasil.
 
“Saya berjualan madu Malika Honey ini dari tahun 2014, yang sebelumnya adalah penikmat madu. Saya kemudian menemukan banyak manfaat bagi kesehatan,” ucap Elha Miliza saat berjualan di Balaikota Padang, Rabu (10/5/2023).
 
Sebagai penikmat yang merasakan manfaat, motivasi itu tumbuh untuk teruskan kepada orang lain melalui produk yang dihasilkannya. Adapun jenis varian baru dari madu yang diolahnya berwarna bening atau putih tersebut didapatkan dari salah dua daerah di Kepulauan Mentawai. 
 
 
“Pada umumnya, madu putih ini adalah madu yang sangat langka. Alhamdulillahnya, para bolang (pencari madu) kita ini menemukan penghasil madu yang berasal dari daerah Sikabalaun dan Sioban,” ujarnya.
 
Disampaikannya, berbeda dari madu berwarna kuning hingga kecokelatan yang biasanya dijumpai. Madu bening tersebut dihasilkan oleh lebah yang bersarang di goa atau batu-batu karang.
 
“Menurut para bolang, lebah tersebut tidak memiliki sengat dari madu alam, sehingga produksi dari produk ini juga terbatas,”ujarnya.
 
Dijelaskan bahwa proses untuk menghasilkan madu itu hanya sekitar satu saringan dan tanpa menggunakan penambahan bahan lainnya. 
 
“Untuk saat ini karena masih harga promo, kita bandrol dari harga Rp90 ribu untuk kemasan 470 gram. Kemudian harga Rp130 ribu untuk kemasaran 659 gram,” ujarnya.
 
 
Selain rumah tangga, madu putih ini juga bisa untuk bahan campuran minuman bagi pemilik restoran, kafe hingga hotel berbintang untuk pengganti gula.
 
“Pesan saya untuk para pelaku UMKM yang biasanya didominasi ibu-ibu atau ibu rumah tangga, saya sangat mendukung. Sebab ketika terjadinya permasalahan resesi, kita masih bisa produktif mencari uang,” tutupnya. (WE / Charlie)
 
 
Berita Terkait 
 
 
 
 

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama