SMAN 15 Padang Hasilkan Produk Ramah Lingkungan

Gubernur Sumbar saat mengunjungi SMA 15 Padang

PADANG, SENANDUNGKABAR.com - Bahan alami seperti daun atau bunga dapat dimanfaatkan untuk membuat produk yang ramah lingkungan. Hal tersebut dimanfaatkan oleh Sekolah Menegah Atas Negeri (SMAN) 15 Kota Padang untuk membuat batik ecoprint.


"Kita saksikan tadi telah digelar ecoprint dengan menampilkan sejumlah karya. Ini dapat meningkatkan kreativitas dan inovasi bagi mereka," kata Gubernur Sumbar Mahyeldi mengapresiasi hasil kerajinan yang dibuat oleh siswa dan guru di SMAN 15 Padang.


Sejalan dengan itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang, Yopi Krislova juga turut
mengapresiasi pagelaran ecoprint yang dapat melahirkan karya dan ide dengan menggunakan produk yang ramah lingkugan.

"Mereka mengembangkan bakat yang dimiliki melalui karya (batik ecoprint). Tentunya ini dapat mengembangkan inovasi dan ide yang mereka miliki," jelas Yopi saat diwawancara, Rabu (25/10/2023).

Dikatakannya, melalui pagelaran ecoprint ini dapat melahirkan ide dan gagasan yang akan melahirkan peluang dan usaha.


"Semoga nantinya mereka diterima di Perguruan Tinggi sesuai dengan bidang dan bakatnya masing-masing. Mereka harus bisa mengeluarkan kemampuan dan inovasinya agar menciptakan masa depan yang baik," ujarnya.

Diketahui bahwa, batik ecoprint merupakan jenis batik yang pembuatannya menggunakan bahan alami dari zat warna daun yang kemudian diletakan di atas sehelai kain berwarna putih dengan menggunakan teknik pounding (membuat motif daun atau bunga di atas kain dengan cara memukulkan palu di atas susunan daun tersebut).


Pembuatan batik ecoprint dengan teknik pounding yang diselenggarakan SMAN 15 Padang mencetak rekor MURI dengan panjang 101 meter yang nantinya hasil karya tersebut akan dijadikan pakaian, tas, totebag dan produk lainnya.
Seperti yang diketahui pembuatan batik ecoprint di SMAN 15 Padang merupakan implementasi dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). (MA/Vivi/Charlie)

Berita Terkait



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama