Peringati Hari Jadi Sumbar ke 78, Pemprov Sampaikan Capaian yang Dihasilkan

Peringatan hari jadi Sumbar ke 78 tahun
 

PADANG,  SENANDUNGKABAR.com –  Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menggelar sidang paripurna peringatan hari jadi Sumbar ke 78 tahun, Minggu (01/10/2023).  Tanggal 1 Oktober 1945, merupakan Hari Jadi Provinsi Sumatera Barat sebagai kesatuan masyarakat dan daerah dalam kerangka NKRI.


Provinsi Sumatera Barat genap berusia 78 tahun , Sejarah perjalanan panjang provinsiSumatera Barat, baik sebelum maupun setelah ditetapkan Hari Jadi Sumatera Barat pada tanggal 1Oktober1945, telah membawa daerah pada kondisi yang mengalami pasang surut. Banyak kemajuan-kemajuan yang telah dicapai dalam peradaban kehidupan masyarakat Sumatera Barat, namun tentu saja masih banyak kekurangan-kekurangan yang perlu dibenahi bersama.


Baca Juga : Meskipun Rumit, Pemprov dan DPRD Sumbar Sepakati APBD Perubahan Tahun 2023


Gubernur Sumbar  Mahyeldi menyampaikan sejumlah capaian provinsi pada peringatan hari jadi Provinsi ke-78 di Ruang Sidang DPRD. Meski Sumbar menuai hasil cukup melegakan dari sisi pembangunan dan perekonomian, Gubernur tetap berkomitmen terus memacu laju pertumbuhan kedua aspek tersebut.


Sektor pendidikan dan kesehatan adalah dua pokok penting yang mempengaruhi IPM,” katanya.


Untuk saat ini kata Mahyeldi, rata-rata lama bersekolah di Sumbar ada di angka 9,18 tahun, sedangkan harapan lama bersekolah di Sumbar mencapai angka 14,10 tahun, atau hingga tahun kedua di Perguruan Tinggi. Ada pun di sektor perekonomian, sambung Mahyeldi, diketahui angka kemiskinan di Sumbar terus mengalami penurunan dari tahun ke tahun.


Baca Juga : Dinkes Padang Terus Pantau Kondisi 22 Korban Gigitan Positif Rabies


 

Tercatat pada 2017, penduduk miskin di Sumbar berjumlah 364.510 orang atau 6,87 persen dari total penduduk. Ada pun pada 2020, angka kemiskinan sudah ditekan hingga ke angka 344.230 jiwa atau 6,28 persen dari total penduduk,” ujarnya.


Sementara itu, Ketua DPRD Sumbar  Supardi mengatakan, peringatan Hari Jadi Sumbar ke-78 harus jadi momentum untuk terus mendorong kemajuan daerah ke depan. Ia kembali mengingatkan bahwa pesan dari para tokoh dan tamu kehormatan pada peringatan Hari Jadi Provinsi, harus menjadi pelecut agar Sumbar lebih maju.


Kami berharap, Peringatan Hari Jadi Sumatera Barat ke78 Tahun 2023 ini, kita jadikan momentum untuk bangkit dan mengejar ketinggalan-ketinggalan yang kita alami,” ujarnya.

 

Dalam peringatan hari jadi Sumbar ke 78 juga dilaksanakan launching 5 inovasi baru antara lain, Podcast Asik, Buntal Asik, Agenda Asik, dan penandatangan Kerjasama DPRD Sumbar dengan Perpusnas (e-Library) serta Bintang DPRD Sumbar.


Baca Juga : Tinjau Lokasi Rencana Pembangunan Jalan Penghubung Akabiluru Tilatang Kamang, Gubernur Sumbar : Akan Berdampak Positif untuk Ekonomi


Kemudian Pemerintah Provinsi Sumbar menyerahkan penghargaan Penilaian Kerapatan Adat Nagari Terbaik Tahun 2023, Penghargaan Kader Posyandu Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun  2023 dan Tokoh Anak Inspiratif. Gubernur Sumbar juga melepas truk logistik bantuan pangan beras cadangan pemerintah. (Rel)


Berita Terkait


Hati-Hati Penipuan Jual Beli iPhone Berkedok Promo di Medsos


Target PAD Sumbar Turun Tahun 2023, Ketua DPRD Sumbar : Jauh dari yang Ditetapkan saat Tahun 2022


Harhubnas, Gubernur Sumbar : Insan Transportasi Mari Terus Maksimalkan Pelayanan

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama