Target PAD Sumbar Turun Tahun 2023, Ketua DPRD Sumbar : Jauh dari yang Ditetapkan saat Tahun 2022


Ketua DPRD Sumbar memimpin sidang paripurna

PADANG, SENANDUNGKABAR.com - Target pendapatan daerah yang diusulkan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) tahun 2023 dari Perubahan APBD yang ditetapkan dinilai belum maksimal dan masih dibawah target dariRencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah atau RPJMD provinsi Sumatera Barat. Masih banyak potensi yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan PAD.


Baca Juga : Serapan Anggaran Pemprov Sumbar Cukup Baik di Tahun 2022, Wakil Gubernur Sumbar : Silpa Kita Sedikit

 

“Pendapatan kita jauh berkurang dari yang ditetapkan saat tahun 2022 kemarin,” kata Ketua DPRD Sumbar Supardi setelah sidang paripurna jawaban gubernur terhadpmpandangan fraksi-fraksi mengenai APBD Perubahan tahun 2023, Senin (18/9/2023).


Baca Juga : Seminar Ranperda Pemajuan Kebudayaan Daerah Sumbar, Anggota DPRD Sumbar Hidayat : Generasi Milenial Mulai Tak Akrab Permainan Tradisional

 

Supardi mengatakan, ada kebijakan Pemerintah Pusat yang menjadi perubahan mendasar dari APBD Pemerintah Provinsi Sumbar dan hampir seluruh provinsi di Indonesia dengan DAU yang diperuntukkan. DAU dapat digunakan sesuai dengan pengalokasian khusus dan kebijakan yang diatur.


“Ini yang membuat kesulitan karena peraturan DAU diperuntukkan itu keluar setelah Pemprov Sumbar menetapkan APBD tahun 2023 kemarin di tahun 2022. APBD ditetapkan di bulan November tahun 2022, sementara aturan DAU diperuntukkan turun keluar di bulan Januari tahun 2023,” ujarnya.


Baca Juga : Pendapatan Menurun, Gubernur Sumbar : Investor Harus di Dukung Berinvestasi

 

SUPARDI menyebut, untuk mensiasati kekurangan anggaran butuh waktu yang panjang dan merasionalisasi kegiatan, karena  kegiatan antara daerah dan pusat  yang telah ditetapkan jangan menjadi bentrok atau tidak menyambung yang akan menjadi terkoreksi otomatis oleh kementerian. (Rel)


Berita Terkait


Hati-Hati Penipuan Jual Beli iPhone Berkedok Promo di Medsos


Udara Semakin Tidak Sehat, ISPU Padang di Angka 80


Kabut Asap Makin Tebal, Dinkes Padang : Warga Agar Mengenakan Masker dan Kacamata

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama