Pembangunan Pasar Raya Fase VII Dimulai, Dapat Tampung 1143 Pedagang

Pemko Padang gelar ground breaking pembangunan Pasar raya fase VII

PADANG, SENANDUNGKABAR.com - Pasca gempa di tahun 2009 silam meluluhlantahkan Kota Padang, termasuk Pasar Raya fase VII. Kini, setelah 13 tahun berlalu pembangunan Pasar Raya fase VII dimulai dengan ditandai dengan groun breaking, Rabu (20/9/2023)


“Dulu (tahun 2009), Pasar Raya Fase VII sangat berperan penting bagi masyarakat Kota Padang, terutama bagi pedagang dalam memenuhi kebutuhan pangan. Pasca bencana gempa bumi tahun 2009 silam, mengakibatkan bangunan hancur dan tidak bisa lagi digunakan,” kata Wali Kota Padang Hendri Septa.


Wali Kota Padang, Hendri Septa menjelaskan, Pasar Raya Fase VII sangat berperan penting bagi masyarakat Kota Padang. Namun, dampak dari gempa pada tahun 2009 silam, mengakibatkan Fase VII hancur dan tidak bisa digunakan bagi pedagang. Usulan pembangunan Fase VII sudah dilakukan sejak tahun 2021. Namun, baru disetujui oleh Pemerintah Pusat pada tahun 2022. Sehingga, realisasi penggunaan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) pada tahun 2023.

“Dalam mewujudkan Pasar Raya Fase VII yang betul-betul tertata, kita harus menjaganya ke depan. Sehingga pasar ini dapat dipandang bersih dan indah. Dengan pasar yang bersih dan indah, tentu bisa menjadi ikon baru kota,” ujarnya.

Pasar Raya Fase VII ini berdiri di atas lahan seluas 12 ribu meter persegi. Terdiri dari satu lantai basemen yang dapat menampung 855 los pedagang. Lantai 1 dan lantai 2 untuk 288 kios pedagang. Sementara lantai 3 untuk parkir kendaraan. Total area Fase VII ini sejatinya dapat menampung 1.143 pedagang.


Pengerjaan bangunan akan dilakukan oleh PT Adhi Persada Gedung (APG) dalam masa kerja 360 hari kerja. Mengerahkan 83 orang pekerja, 47 orang pekerja struktur, dan 36 orang staf lainnya, Pasar Raya fase VII ini akan setelah pada 24 Juli 2024 mendatang.

Sementara itu, Anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade menyampaikan, pembangunan Pasar Raya Fase VII ini sangat dinantikan oleh masyarakat. Semua berperan penting dalam hal tersebut.

“Jika kita serius dan sungguh-sungguh, baik Pemda maupun Pemerintah Provinsi di Sumbar, insya Allah, pemerintah pusat akan komit mendukung. Kita juga berterima kasih kepada Presiden dan Menteri,” ujarnya.

Dijelaskannya, Menteri Perdagangan (Mendag) yang saat itu dijabat oleh Muhammad Lutfi juga memiliki peranan yang sangat penting usai melakukan kunjungan ke Pasar Raya, sehingga memberikan rekomendasi teknis dari Kemendag untuk diolah dan dieksekusi oleh Kementerian PUPR.


Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Wali Kota Padang Ekos Albar, Dandim 0312 Kolonel Inf Jadi, Kapolresta Padang Kombes Pol Ferry Harahap, Sekdako Padang Andree Algamar, pimpinan OPD di lingkungan Pemko Padang, serta unsur terkait lainnya. (Wahyu / Charlie)

Berita Terkait



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama