Lantik Wakil Wali Kota Padang, Ini Pesan Gubernur Sumbar

Gubernur Sumbar melantik Wakil Wali Kota Padang sisa masa jabatan 2019-2024

PADANG, SENANDUNGKABAR.com - Wakil Wali Kota Padang Ekos Albar resmi dilantik Gubernur Sumatra Barat, Mahyeldi Ansharullah di Auditorium Gubernur, Selasa (09/05/2023). Gubernur Sumatra Barat menyampaikan  posisi Wakil Wali Kota Padang telah kosong sejak 7 April 2021 lalu.
 
"Jika dihitung sampai dengan hari ini, maka kekosongan posisi wakil wali kota sudah berjalan sekitar 2 tahun, dan menyisakan waktu 8 bulan hingga ke akhir masa jabatan wali kota dan wakil wali kota Padang, yakni 31 Desember 2023," katanya. 
 
Mahyeldi mengatakan bukan hal yang mudah memilih sosok pengisi jabatan wakil wali kota. 
 
 
"Alhamdulillah, semua proses ini telah dilalui dan hari ini kita dapat melantik Ekos Albar selaku Wakil Wali Kota Padang yang baru, periode 2019-2024," katanya.
 
Mahyeldi menyebutkan dengan kondisi ini tidak banyak waktu yang dimiliki, harus mampu bersinergi dan melakukan penyesuaian secara cepat.
 
"Kepada Wawako terpilih harus segera melakukan koordinasi dengan berbagai pihak, terutama tentu dengan wali kota, sekretaris daerah beserta jajaran. Diharapkan upaya akselerasi pencapaian target-target Kota Padang yang tengah dipacu bisa lebih maksimal lagi guna bersama-sama mempercepat pembangunan Kota Padang yang kita cinta dan banggakan ini," ujarnya. 
 
Gubernur Sumbar berharap kepada Wawako yang baru dilantik untuk menjalankan tugas sebaik mungkin.
 
"Tentu dengan selesainya pelantikan kami berharap agar melakukan tugas-tugas di Kota Padang dan menjalankan agenda yang menjadi target. Selain itu tentunya juga melayani masyarakat dengan baik. Terutama dalam permasalahan angka stunting, kita membutuhkan dukungan dari semua pihak sehingga target nasional bisa tercapai juga," katanya.
 
Sementara itu, Wali Kota Padang Hendri Septa mengatakan, dengan di lantiknya Wakil Wali Kota Ekos Albar menjadi penyemangat baru di lingkungan Pemko Padang. 
 
"Tentunya akan menjadi semangat baru di Pemko Padang," katanya. 
 
Hendri Septa mengungkapkan di periode 2019-2024 sudah menjalankan sekitar 82 persen dari 11 program unggulan.
 
 
"Insya Allah di akhir tahun 2023 akan kita cukupkan menjadi 100 persen," terangnya saat didampingi Wawako Ekos Albar. 
 
Lebih lanjut Wako Hendri Septa mengungkapkan bahwa adanya Wakil Wali Kota Padang yang baru dilantik menjadi penyemangat di lingkungan Pemko Padang.
 
"Dengan adanya Wawako Ekos Albar, tentunya akan ada percepatan dan menjadi kekuatan baru menjelang berakhirnya masa kepemimpinan," katanya. 
 
Wako Hendri Septa menyebutkan sesuai tupoksi, wakil merupakan pelengkap dari pimpinan. 
 
"Saya berharap kepada Wawako yang dilantik dapat membantu tugas dari Walikota dan Pemko Padang untuk mengakselerasikan pencapaian target Kota Padang," katanya.
 
 Wakil Wali Kota Ekos Albar, menyampaikan tugas dan fungsinya sebagai wakil dari Wali Kota Hendri Septa.
 
“Salah satu tugas saya tentunya membantu tugas dari wali kota. Apa pun koordinasinya nanti, tentunya tetap berapa di tangan Wali Kota Padang Hendri Septa,”katanya.
 
Selain itu, pihaknya menyampaikan bahwa nantinya juga mengemban tugas untuk menjembatani dari visi dan misi serta program yang sudah dijalankan.
 
 
“Terkait hubungan dengan Wali Kota Padang Hendri Septa, hubungan kita sangat baik. Kita bersaudara, tidak ada alasan bagi kami untuk berbeda-beda,”katanya.
 
Tentu pernyataan tersebut tampak nyata ketika Wali Kota Padang Hendri Septa bersama Wakil Wali Kota Padang Ekos Albar tampak menikmati acara pelantikan dari awal hingga berakhir. 
 
“Dengan waktu yang diberikan, tentunya ke depan saya akan membantu dalam berbuat demi memajukan Kota Padang,” tuturnya. (WE/MA/Charlie)


Berita Terkait
 
 
 
 
 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama