Kebakaran di Pasar Raya Padang, 40 Kios Pedagang Kaki Lima Ludes


Kebakaran kios pedagang kaki lima di Pasar Raya Padang

 

PADANG, SENANDUNGKABAR.com  - Lebih kurang 40 kios Pedagang Kaki Lima (PKL) di pelataran parkir Fase 7 Pasar Raya Padang, Kelurahan Kampung Jao, Kecamatan Padang, ludes terbakar, Rabu (17/5/2023) pagi. Kerugian ditaksir mencapai miliaran rupiah.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang melalui Kabid Ops, Sutan Hendra mengimbau warga agar lebih waspada saat cuaca ekstrem kali ini. Suhu udara yang cukup panas dari biasanya akan dapat memicu terjadinya kebakaran.

"Tentunya kita mengimbau warga untuk lebih meningkatkan kewaspadaan, meminimalisir pemicu kebakaran," katanya.

Terkait kebakaran di Pasar Raya Padang pada Rabu pagi, Sutan menyebut, penyebab kebakaran hingga kini masih belum diketahui. Namun begitu, dirinya menyebut, di tiap lapak di lokasi kebakaran terdapat jaringan listrik yang berkemungkinan dapat memicu terjadinya korsleting. Apalagi sejak beberapa pekan ini cuaca panas ekstrem melanda Kota Padang.

"Penyidikan penyebab kebakaran kita serahkan ke pihak Kepolisian, nanti kita juga menurunkan Tim Investigasi bersama Kepolisian untuk menyelidikinya," papar Kabid Ops Damkar Kota Padang itu.

Diceritakan Sutan Hendra, peristiwa terjadinya kebakaran di Pasar Raya Padang bermula dari adanya laporan seorang saksi. Menurutnya, saksi melihat kobaran api di satu petak kios.  

"Begitu saksi melihat kobaran api di salah satu petak kios, saksi kemudian mengontak kami," ungkap Sutan.

Setelah mendapat laporan tersebut, pihaknya langsung menerjunkan armada dan personel langsung menuju lokasi kejadian.

"Kita kerahkan 10 unit Mobil Pemadam dan 100 personel untuk memadamkan api, dan Alhamdulillah sekitar pukul 07.40 Wib, api dapat dipadamkan," sebutnya.

Lebih lanjut kata Sutan, tidak ada korban jiwa dari kejadian tersebut, namun kerugian ditaksir mencapai Rp1,2 Miliar.(Charlie)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama