Lalu Lintas Arus Mudik Idul Fitri 1444 H, Kadishub Sumbar: Kita Laksanakan Pengalihan Satu Arus atau One Way

Kepala Dinas Perhubungan Dedy Diantolani safari ramadan ke Masjid Ihya, Jorong Batang Pasampan, Nagari Pakan Rabaa Utara, Kecamatan Koto Parik Gadang Di Ateh, Kabupaten Solok Selatan


SOLOK SELATAN, SENANDUNGKABAR.com -  Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) memberlakukan one way saat hari raya Idul Fitri 1444 h ini. Jalur kendaraan ke Bukitinggi melalui Sicincin hingga Padang Lua  dialihkan menjadi jalur satu arah.


"Pada Sabtu (08/04/2023) lalu  telah dilakukan uji coba kebijakan pengalihan satu arus atau one way di jalur Padang-Bukittinggi," kata  Kepala Dinas Perhubungan Dedy Diantolani safari ramadan ke Masjid Ihya, Jorong Batang Pasampan, Nagari Pakan Rabaa Utara, Kecamatan Koto Parik Gadang Di Ateh, Kabupaten Solok Selatan, Rabu (12/04/2023).


Baca Juga : Pemprov Sumbar Mulai Uji Coba One Way (Satu Arah) Jalur Sicincin - Bukittinggi


Dedy mengatakan, uji coba yang telah dilakukan menunjukkan hasil yang sangat baik. Laju kendaraan dari Sicincin hingga Padang Lua yang dialihkan menjadi jalur satu arah, berjalan sangat lancar. Perjalanan sepanjang kurang lebih 40 km itu dapat ditempuh kurang dari 45 menit dengan kecepatan rata-rata berkendara 60 km/jam, demikian pula sebaliknya.


"Saya mohon pengertian pengendara yang menempuh jarak lebih pendek di antara jalur pengalihan arus untuk merencanakan perjalanan menyesuaikan kebijakan jalur one way selama H-3 hingga H+3 Hari Raya Idul Fitri," kata Dedy.


Baca Juga : Antisipasi Lonjakan Pemudik dan Wisatawan Saat Libur Lebaran, Pemprov Sumbar Siapkan Langkah Strategis


Dedy mengakui, menghilangkan kemacetan memang belum bisa dilakukan, apalagi pada saat mudik lebaran, mengingat lonjakan jumlah pengendara yang berlipat ganda. Dia berharap selesainya pembangunan jalan tol nantinya dapat menjadi jawaban bagi kemacetan dijalur-jalur yang dipadati kendaraan.


"Mudah-mudahan dengan dukungan masyarakat upaya kita ini sukses mengurangi kemacetan selama libur lebaran nanti," katanya.


Selain itu Dedy mengingatkan warga Solok Selatan akan imbauan pemerintah jelang lebaran Idul Fitri 1444H. Utamanya mengenai kebijakan pemerintah dalam menjaga kelancaran Lalu lintas arus mudik, kebersihan, serta kenyamanan di tempat wisata.


"Kurang dari 10 Hari lagi kita akan berlebaran. Tahun ini kampung kita akan sangat ramai karena kunjungan ke Sumbar diprediksi melonjak empat kali lipat. Perlu kita antisipasi bersama potensi kemacetan dan memastikan kenyamanan berwisata selama libur lebaran," ucapnya.


Sementara itu, Wakil Bupati Solok Selatan Yulian Efi menyebut, di jalur selatan Sumbar, upaya lanjutan peningkatan jalan tembus Sungai Sungkai (Solsel) menuju Sungai Rumbai (Dharmasraya) terus diupayakan oleh Pemkab Solok Selatan.


Jalan yang diyakini akan mendorong percepatan pembangunan di kawasan tersebut, juga bakal mempersingkat jarak tempuh dan konektivitas masyarakat lintas Provinsi Jambi, Sumbar dan Riau, serta terkoneksi dengan Jaringan Tol Trans Sumatera (JTTS).


Baca Juga : Pastikan Stok BBM Tersedia saat Mudik Lebaran Idul Fitri 1444 H, Gubernur Sumbar Panggil Pertamina


"Jalur tersebut nantinya juga akan terkoneksi dengan rencana exit tol Dharmasraya – Rengat diprediksi akan mendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi di Solok Selatan," kata Yulian Efi. 


Saat safari ramadan, Dedy Diantolani menyerahkan bantuan Pemprov Sumbar bagi pengurus Masjid Ihya berupa uang sebesar Rp. 50 juta berikut 10 mushaf Alquran dan 10 kain sarung. Sementara Yulian Efi menyerahkan bantuan pendidikan senilai Rp. 15 juta untuk 17 pelajar dan bantuan konsumtif lansia sebesar Rp. 10 juta. (Adpim Sumbar)


Berita Terkait


Pemko Padang Pastikan Harga Bahan Pokok Stabil Jelang Idul Fitri


Festival Muaro Padang Selama Lebaran, Ini Rekayasa Lalu Lintasnya


Idul Fitri 1444 H, Pemkab Kampar Dirikan 7 Posko Pengamanan

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama