Tim SK4 Diserahkan ke Satpol PP Padang

 

Wali Kota Padang Hendri Septa menyerahkan Tim SK 4 Pemko Padang ke Satpol PP

PADANG, SENANDUNGKABAR.com - Sistim Keamanan Ketertiban Kota (SK4) Kota Padang kini di bawah Komando Satpol PP Linmas Kota Padang. Hal tersebut ditandai dengan penyerahan personil serta hal-hal pendukung dari Kapala Kesbangpol ke Satpol PP Linmas Kota Padang pada Rabu pagi (14/12/2022) oleh Wali Kota Padang.

 

"Pemindahan Tim SK4 dari Kesbangpol ke Satpol PP Padang didasari oleh PP Nomor 6 Tahun 2010 tentang Satpol PP dan Permendagri Nomor 26 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum dan Ketertiban Masyarakat serta Pelindungan Masyarakat maka perangkat daerah yang berwenang melaksanakan adalah Satpol PP maka dari itu perlu untuk keselarasan SK4 digabungkan ke Satpol PP Linmas Kota Padang," ungkap Wali Kota Hendri Septa.

 

Dengan telah digabungkannya Tim SK4 di bawah Satlinmas Pol PP Padang tentu diharapkan ke depan Satpol PP semakin aktif untuk menjaga ketertiban dan ketentraman di Kota Padang.

 

"Ke depan diharapkan Satpol PP Linmas dalam penegakan Perda dengan telah bergabungnya SK4 tentu Satpol PP semakin efektif dalam penerapan Perda-perda yang ada di Kota Padang," ujar Hendri Septa.

 

Selain itu, dalam kesempatan yang sama Pasukan Penggerek Bendera Pusaka (Paskibra) Kota Padang yang sebelumya bernaung di Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) kini dialihkan ke Kesbangpol. Hal ini berpedoman kepada PP Nomor 51 Tahun 2022 tentang Program Paskibraka.

 

"Sesuai program Paskibraka adalah program kaderisasi calon pemimpin bangsa yang berkarakter Pancasila. Pelaksana program Paskibraka adalah badan yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pembinaan Ideologi Pancasila dalam hal ini adalah Badan/Kantor Kesbangpol," sebutnya.

 

Wali Kota juga menjelaskan Paskibraka yang telah menyelesaikan tugas maka akan diangkat menjadi Purnapaskibraka Duta Pancasila.

 

"Dan nantinya mereka mendapat pembinaan lanjutan untuk melaksanakan tugas sebagai Purnapaskibraka Duta Pancasila," katanya. (Charlie)

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama