Rencana MoU dengan Pemprov Sumbar, Dr. Otong Rosadi : Unes Siap Berkontribusi Tenaga dan Pikiran

 

Rektor Universitas Ekasakti Padang dan Gubernur Sumbar melakukan persiapan pelaksanaan kerja sama antara Unes Padang dan Pemprov Sumatera Barat untuk mewujudkan Sumbar madani dan pelaksanaan Tri dharma perguruan tinggi


PADANG, SENANDUNGKABAR.com - Dalam rangka persiapan pelaksanaan kerja sama antara Unes Padang dan Pemprov Sumatera Barat untuk mewujudkan Sumbar madani dan pelaksanaan Tri dharma perguruan tinggi, Rektor Unes Dr. Otong Rosadi menemui Gubernur Sumbar Mahyeldi dikediamannya, Rabu (5/10/2022). 


Adapun rencana fokus kerjasama yang akan disepakati itu dibidang lingkungan hidup, pengelolaan sampah, BUMNAG, enterprenuership, pemberdayaan perempuan dan konsep pengembangan penelitian.


Pada kesempatan tersebut, Gubernur Mahyeldi menyambut baik rencana kesepakatan yang akan dilakukan Unes dengan Pemprov Sumbar. 


Menurut Mahyeldi, hasil penelitian dan pengabdian tersebut tentu sangat bermanfaat dan akan berdampak pada peningkatan pendapatan masyarakat.


"Namun masyarakat kita juga harus diberikan tambahan keterampilan untuk mengolah potensi lokal menjadi produk yang bernilai tambah tinggi," katanya. 


Selain itu, Mahyeldi berharap potensi pertanian dan peternakan di Sumbar bisa dikembangkan lebih optimal.


“Sumbar memiliki potensi pertanian dan peternakan yang melimpah. Semoga dengan adanya pendampingan dan penerapan inovasi dari Unes Padang, potensi ini bisa terus digali untuk masyarakat Sumbar dan masyarakat Indonesia,” terangnya.


Sementara, Rektor Unes Padang, Dr. Otong Rosadi menyebut kerja sama ini penting bagi Unes sebagai lembaga yang menjadi rujukan akademis yang juga memiliki tanggungjawab besar untuk menjawab tantangan bangsa khususnya di Kota Padang umumnya Sumatera Barat. 


“Kita harapkan setelah ada MoU antara Unes dan Pemprov menjadi payung dalam upaya memanfaatkan sumber daya yang dimiliki Unes untuk ikut berkontribusi tenaga dan pikiran,” ujarnya. 


Dikatakannya, pemanfaatan potensi daerah melalui penelitian dan pengabdian dapat membantu masyarakat meningkatkan pendapatan sehingga terwujud kesejahteraan.


“Mudah-mudahan kerjasama dan sinergitas ini dapat terjalin. Sehingga terwujudnya Sumbar madani dan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dapat terealisasi,” ungkap Rektor. 


Lebih lanjut, Dr. Otong juga berharap pemerintah dan kampus akan selalu bersinergi untuk bisa melakukan inovasi-inovasi, pengembangan serta pemanfaatan semua sumber daya yang ada, baik manusia dan alamnya guna mencapai kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat. 


Pertemuan itu, Rektor Unes didampingi oleh Dekan Fakultas Pertanian Dr. I Ketut Baduraga beserta Tim yaitu Riswanto, Zumiarti dan Annisa Fitri. (Dicko

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama