Launching Minang Geopark Run, Bupati: Event ini Akan Mengupas Keindahan Alam Kabupaten Sijunjung

Bupati Benny Dwifa Yuswir menyambut baik dijadikannya Kabupaten Sijunjung sebagai tuan rumah event Minang Geopark Run

 

JAKARTA, SENANDUNGKABAR.com - Bupati dan Wakil Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir dan Iraddatillah mengikuti launching Minang Geopark Run 2022 di Hotel Balairung Jakarta, Kamis (6/10).

Kegiatan tersebut merupakan rencana pergelaran event Minang Geopark Run di Ranah Lansek Manih pada 3-4 Desember 2022 mendatang.

Pada kesempatan itu, Ketua Pelaksana Minang Geopark Run menyebut event itu bertujuan untuk mengajak masyarakat terutama para pelari untuk berolahraga bersama sambil menikmati keindahan alam serta budaya di kawasan Geopark Sumbar.

“Insyallah event minang geopark run ini akan kita dilaksanakan di Kabupaten Sijunjung Desember mendatang untuk mengupas keindahan satu dari sekian banyak geopark yang masih tersembunyi dan sangat asri di Sumbar,” sebutnya.

Dikatakannya, event minang geopark run yang akan digelar di Sijunjung ini merupakan event yang ke-4.

“Kita sudah melaksanakan sejak tahun 2018, 2019 dan 2021 lalu.  Namun sempat terhenti pada tahun 2020 dikarenakan pandemi Covid-19. Kita minta dukungan kepada masayarakat dalam mensukseskan pergelan event ini,” ujarnya.

Sementara, Gubernur Sumbar, Mahyeldi memberi dukungan penuh atas rencana Minang Geopark Run yang akan di gelar di Kabupaten Sijunjung.

“Pemprov siap mendukung pelaksanaan event Minang Geopark Run, sebab, ini akan menjadi pembuka wisatawan untuk ke Sumbar, karena banyak komunitas lari internasional yang memang mencari dan menanti even seperti ini,” ungkapnya.

Sementara, Bupati Sijunjung, Benny Dwifa mengucapkan terima kasih Minang Geopark Run.

“Kami atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Sijunjung sangat bangga dengan agenda ini,” ucapnya.

Menurut Bupati, event tersebut tentu akan meningkatkan kepariwisataan di Sumbar khususnya Kabupaten Sijunjung.

“Pemkab Sijunjung dan masyarakat mendukung penuh agenda minang geopark run 2022 ini, kami akan melakukan berbagai persiapan untuk menyabut agenda ini,” jelasnya.

“Selain itu, Pemkab akan memperkenalkan UMKM yang ada di Sijunjung mulai dari star di depan kantor bupati sampai finish di geopark silokek,” pungkasnya.

Adapun rute Minang Geopark Run 2022 terdiri dari dua rute, yakni rute 13 kilometer khusus untuk kategori race single run dan 55 kilometer dengan tiga kategori race, ultra marathon, relay dua dan relay empat.

Untuk rute 13 kilometer, star Kantor Bupati Sijunjung, Jl. Logas dan finish di Silokek. Sedangkan rute 55 kilometer, star Kantor Bupati Sijunjung, Perkampungan Adat Sijunjung, Tanah Badantuang, Lansek Manih, Tanjung Ampalu lalu finish di Silokek.

Hadir kesempatan itu, Kadis Parawisata Provinsi Sumbar, Wakil Ketua DPRD Sijunjung, Sekretaris Daerah Kabupaten Sijunjung, Zefnihan, Kadis Parpora, Afrinaldi, Kadis Kominfo, David Rinaldo, Kaban Bapppeda, Yuni Elviza, Kadis PUPR, Syariwan, Kadis Sosial PP dan PA, Yofritas dan Kadis Perhubungan, Bobby Roespandi. (Dicko)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama