Masjid Asy Syura di DPRD Sumbar Diresmikan, Wakil Gubernur Sumbar : Mari Makmurkan Masjid

Peresmian masjid Asy Syura di DPRD Sumbar

PADANG, SENANDUNGKABAR.com - Masjid Asy Syura, salah satu masjid yang megah berdiri di Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Masjid ini dahulunya sebuah musala yang digunakan oleh pegawai dan anggota DPRD Sumbar, masyarakat dan instansi terdekat dengan DPRD Sumbar.


"Sebagai orang beriman kita harus memakmurkan masjid,tunaikan solat dan bayarlah zakat," kata Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldi saat meresmikan Masjid Asy Syura Senin (04/3/2024).


Audy mengatakan, kehadiran masjid Asy Syura dapat dimanfaatkan untuk kegiatan-kegiatan keagamaan dan sumber penggerak masyarakat. Kata Audy, masjid di Sumatera Barat cukup banyak. Namun, ironisnya tidak dimakmurkan, sehingga banyak masjid yang cukup  megah, tidak  memiliki jamaah.


Baca Juga : Angka Pengangguran dan Kemiskinan Menurun di Padang


"Saya pernah berhenti untuk solat di masjid raya sebuah nagari. Tapi sayangnya masjidnya tutup, sehingga harus pergi ke masjid lain," ujarnya.


Sementara itu, menurut Ketua DPRD Sumbar Supardi, diperbesarnya masjid Asy Syura karena banyaknya masyarakat dan pegawai dari Kantor DPRD Sumbar yang beribadah, terutama ketika hari Jumat. Kata Supardi,asjid ini difungsikan bukan hanya sebagai tempat solat. Namun, terdapat fasilitas ruangan untuk musyawarah, perpustakaan baik offline maupun online atau digital.


"Di samping gedung DPRD ini banyak terdapat gedung-gedung pemerintahan dan lain lain sehingga jika ada kegiatan ibadah seperti solat Jumat akan penuh dengan jamaah," ujarnya.


Baca Juga : Pemko Padang Tabuh Peparda Tahun 2024, Diikuti 60 Atlit Paralimpic


Masjid yang memiliki  arsitektur mirip seperti priuk ini  (tempat memasak nasi), memiliki filosofi sebagai bentuk pelayanan kepada seluruh element masyarakat. Tujuan didirikan masjid Asy Syura ini sesuai dengan arti namanya yakni musyawarah, masjid ini bisa berfungsi selain tempat beribadah juga sebagai tempat untuk bermusyawarah dengan berbagai fasilitas yang nyaman untuk aktivitas keagamaan. Kemudian menjadi tempat dalam menjaga nilai-nilai keagamaan dan kebudayaan Islam.


Anggaran pembangunan masjid ini sebesar Rp21 miliar di anggarkan pada tahun 2021 dan  dimulai pembangunan tahun 2022 dan selesai tahun 2023.


Baca Juga : Minim Anggaran dari Dinas, Anggota DPRD Sumbar Afrizal : Banyak Perda Impoten karena Tak Terlaksana dengan Baik


Pada masjid ini di lantai 1 terdapat ruang rapat sebaguna, ruang koperasi, perpustakaan, masjid ini telah kerja sama dengan pustaka nasional untuk khusus perpustakaan masjid . Lantai 2 ruang solat untuk kapasitas 400 orang dan lantai tiga kapasitas 150 orang. (Rel)


Berita Terkait


Pemko Padang Bekali Pemuda dengan Pelatihan Kepemimpinan, Kepeloporan dan Kesukarelawanan


Ciptakan Suasana Kondusif Selama Ramadan 1445 Hijriah, Pemko Padang Tanda Tangani Pernyataan Sikap Bersama

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama