Koni Sumbar Gelar Rakerda, Ini Sejumlah Agenda yang Akan Dibahas


Pemukulan gong menandai rakerda KONI Sumbar resmi dimulai

PADANG, SENANDUNGKABAR.com  - Jelang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov), Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) dan Pekan Olahraga Nasional (PON) di Provinsi Aceh dan Sumatra Utara mendatang, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menggelar rapat kerja daerah (rakerda), Sabtu (12/8/2023). Tujuannya untuk merumuskan sejumlah program dari seluruh KONI kabupaten/kota se-Sumatra Barat.

 

Rakerda KONI Sumbar mengangkat tema sinergi dan kolaborasi menuju prestasi  Sumatera Barat yang gemilang. Kadispora Sumbar Maifrizon mewakili Gubernur Sumbar membuka secara resmi pelaksanaan rakerda KONI Sumbar dengan pemukulan gong.

 

Ketua KONI Sumbar Roni Pahlawan menyebut, tujuan dari rakerda ini untuk mendapatkan  jalan terbaik agar olahraga di Sumatera Barat maju melalui buah pikiran dari semua KONI kabupaten/kota. Kata Roni, KONI harus melakukan persamaan persepsi untuk menyambut Porprov, Porwil di bulan November mendatang dan PON 2024 di ACEH dan Sumut.


Baca Juga : Ormas Islam Se Sumbar Sepakati Komitmen Pembinaan Generasi Muda

 

“Pada rapat ini kita harus mendapatkan kesepakatan bersama, sehingga persiapan-persiapan dalam waktu yang pendek dapat dilaksanakan,” katanya.

 

Roni mengatakan, banyak agenda kerja yang akan dibahas pada rekerprov kali ini untuk melahirkan program kerja KONI yang berdaya guna dan tepat sasaran. Ada beberapa poin yang akan dibahas, salah satunya event olahraga Porprov Sumbar yang sudah di SK-kan oleh Gubernur Sumbar dengan 44  jumlah cabang olahraga yang dipertandingkan.

 

“Melalui rakerda ini kita nantinya akan menjaring masukan masukan dari KONI kabupaten/kota apakah 44 cabang olahraga yang akan dipertandingkan sesuai SK dapat dilaksanakan atau tidak. Kita ingin mensinergikan seluruh pengurus KONI dan cabor agar berjalan satu visi,” katanya.


Baca Juga : Pawai Telong-Telong, Mengulang Sejarah Perjuangan Pahlawan Membela Padang

 

Sementara itu Wakil Ketua 1 KONI Pusat Mayjen TNI Purnawirawan Suwarno mengatakan, KONI Sumbar cukup memiliki potensi yang sangat baik dilihat dari prestasi di PON Jawa Barat dan Papua tahun 2021.  Kata Suwarno, jelang menghadapi PON 2024 mendatang di Provinsi Aceh dan Sumut, KONI Sumbar harus mempersiapkan atlitnya agar prestasi ke depan tidak kalah dengan prestasi tahun sebelumya.

 

“Sekarang sedang dilakukan babak kualifikasi melalui beberapa kegiatan. Nanti ada Porwil di Riau pada bulan November yang melibatkan 10 cabang olahraga. Sumbar merupakan bagian dari kegiatan tersebut dan saya berharap Sumbar mampu mengambil manfaat dari kegiatan Porwil ini,” katanya.

 

Suwarno menambahkan, keputusan penyelenggaraan Porprov Sumbar mendatang dengan 44 cabang olahraga, kata dia, jika dilakukan di tahun 2022 centernya  menuju ke PON 2024. Jika di tahun 2023 ini, sudah dilakukan babak kualifikasi untuk PON 2024, centernya akan dipindahkan tidak menuju ke PON 2024, namun menuju PON 2028 di Provinsi NTT dan NTB.

 

“Sehingga Kabupaten/kota harus menyadari  pada saat atlit yang akan dikirim harus menuju ke PON 2028,sedangkan atlit-atlit andalan Sumbar sekarang harapannya adalah lolos PON 2024 melalui babak kualifikasi,” katanya.

 

Kepala Dispora SumbarMaifrizon mengapresiasi rakerprov yang dilaksanakan KONI Sumbar tersebut. Kata Maifrizon, rakerda tidak boleh ditunda, karena akan merumuskan dan menghasilkan kmana arah olahraga Provinsi Sumbar akan dibawa.


Baca Juga : Tetapkan DPT 4 Juta Lebih Pemilih, Ketua Bawaslu Sumbar : Kita Telah Lakukan Pengawasan Awal Hingga Penetapan

 

“Pemprov mendukung rakerda ini. Jika itu menuju ke arah kebaikan olahraga di Sumbar,” katanya. (Red)

 

Berita Terkait


Marak Balap Liar dan Tawuran, Pemko Padang Akan Tutup Jalan Khatib Sulaiman


Pemprov Serahkan Rancangan KUA-PPAS APBD Tahun 2024, Ketua DPRD Sumbar : Prioritaskan Tangani Kemiskinan dan Stunting


DJP Riau Sita Aset Penunggak Pajak, Nilai Taksiran Sebesar Rp3,69 Miliar

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama