Sapi Kurban Presiden Jokowi Dipilih Asal Kota Padang Panjang

Sapi limousin cross seberat 1080 kg ini akan menjadi hewan kurban Presiden RI
 
PADANG PANJANG, SENANDUNGKABAR.com - Sapi jantan berjenis Limousin Cross dengan ciri warna coklat dengan corak hitam memiliki bobot 1.080 kg ini, akan dibeli Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk hewan kurban Iduladha 1444 H di Provinsi Sumatera Barat. Sapi milik Aipda Eko Setiawan ini diperkirakan berharga mencapai Rp100 juta.
 
Saat meninjau peternakan sapi tersebut di Kelurahan Koto Katik, Senin (19/6/2023), Kepala Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan), Ade Nafrita Anas menyampaikan, dua tiga hari ke depan, Staf Kepresidenan akan turun langsung ke Padang Panjang untuk melakukan pemeriksaan, penimbangan serta akad terhadap sapi yang diusulkan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sumatera Barat ini.
 
"Sapi ini sudah diseleksi beberapa kali sejak sebulan lalu. Sejak dinyatakan terpilih, hingga saat ini perawatan dan pengawasan yang intens terus dilakukan Dispangtan serta instansi terkait baik provinsi maupun dari pusat. Baru kemudian dibawa ke Masjid Raya Sumbar untuk dikurbankan," katanya.
 
 
Pihaknya berharap, kesuksesan Eko ini dapat menjadi motivasi bagi peternak lainnya di Padang Panjang
"Ini merupakan sapi yang dibudidayakan sendiri oleh peternak kita. Mudah-mudahan bisa jadi contoh, dengan populasi yang terbatas kita bisa juga menghasilkan sapi yang unggul di Padang Panjang," ujarnya.
 
Sementara Eko yang merupakan personel KSPK Unit 2 Polsek Padang Panjang ini mengaku membeli sapi tersebut dua tahun lalu di Pasar Ternak Koto Baru Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar.
 
 
"Dulu dibeli masih bujang. Tidak ada rahasia khusus untuk merawatnya, yang terpenting kita disiplin dalam waktu pemberian makan," ungkap peternak yang memiliki 40 ekor sapi ini. (Kominfo Padang Panjang/andes)
 
 
Berita Terkait 
 
 
 

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama