Unik, Masjid Berbentuk Kabah di Kabupaten Dharmasraya

Masjid berbentuk Kabah di Nagari Sungai Dua Kecamatan Sitiung

DHARMASRAYA, SENANDUNG KABAR.com – Sebuah masjid di Nagari Sungai Dua, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) sangat unik. Masjid brbentuk Kabah ini diberi nama masjid Muhammad.


Keunikan masjid ini bentuknya menyerupai Kabah di Mekah Arab Sudi.  Masjid ini berdiri dengan luas 15 meter kali 15 meter dengan tinggi 9 meter. Pada sisi bangunan juga terdapat replika batu hajar aswad


“Pembangunan Masjid ini dibangun sejak tahun 2021 lalu. Menghabiskan anggaran Rp1,5 miliar yang bersal dari sumbangan pribadi dan masyarakat,” kata ketua pengurus masjid Muhammad Heri Saputra, Rabu (5/4/2023).


Baca Juga : Safari Ramadan di Nagari Sisawah, Bupati Sijunjung Berikan Bantuan Pembangunan Masjid


Heri mengatakan, pembangunan masjid ini telah selesai keseluruhannya dan sudah di pakai perdana di tahun ini. Warga juga memanfaatkan untuk beribadah selama bulan suci ramadan ini.


“Masjid ini jadi kebanggaan warga sekitar,” katanya.


Masjid ini sudah bisa di pakai untuk melaksanakan ibadah, pengajian serta pesantren ramadan. Masjid juga dipakai untuk berbuka puasa di bulan ramadan ini.


Baca Juga : Pesantren Ramadan, Mulai dari Salat Subuh, Pelajar di Padang Tetap Antusias Mengikuti


Jemaah yang datang ke masjid ini bukan hanya dari Kecamatan Sitiung, melainkan dari luar kecamatan di Kabupaten Dharmasrayajuga berdatangan karena penasaran dengan bentuk masjid tersebut.


Baca Juga : Peniadaan Buka Puasa Bersama, Menpan RB RI: Diperuntukkan di Lingkungan Pemerintah


Sementara itu, menurut Haji Aminullah Salam Ketua Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Dharmasraya, masjid berbentuk Kabah ini menarik perhatian Pemerintah Kabupaten Dharmasraya. Masjid ini akan dijadikan sebagai objek wisata religi.


“ Masjid ini sangat unik dan Pemkab Dharmasraya akan menjadikan lokasi objek wisata religi,” katanya. (Rel)


Berita Terkait



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama