Alek Pacu Kuda Wirabraja Open Race dan Tradisional di Kabupaten Tanah Tanah, Dibuka Menhan Prabowo Subianto

Menhan RI dan Bupati Tanah Datar buka alek pacu kuda
      
 
TANAH DATAR, SENANDUNGKABAR.com  - Alek Pacu Kuda Tanah Datar Wirabraja Open Race dan Tradisional 2023 di gelar di lapangan Pacu Kuda Dang Tuanku Bukit Gombak, Minggu (30/4/2023). Kegiatan ini dihadiri Menhan Prabowo Subianto.

 

Bupati Tanah Datar Eka Putra mengungkapkan rasa bangga atas pelaksanaan event tahunan di Tanah Datar yang dibuka Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) H. Prabowo Subianto.

 

Baca Juga : Mubes Nagari Padang Magek, Bupati Tanah Datar : Perlu Sinkronisasi Program Pemda dan Nagari  

 

"Alhamdulillah, menjadi kebanggaan dan sejarah bagi kami atas kesediaan pak Menhan untuk membuka kegiatan ini, karena semenjak event ini dilaksanakan baru hari ini yang langsung di buka oleh seorang Menteri yang juga turut dihadiri Wakil Menteri, mantan menteri dan juga anggota DPR RI serta pejabat negara lainnya," katanya.

 

Kepada masyarakat yang menyaksikan alek pacu kuda, Bupati mengimbau untuk terus menjaga keamanan, keselamatan dan juga kebersihan.

 

"Para penonton diharapkan waspada menjaga keselamatan masing-masing jangan sampai terjadi kecelakaan tertabrak kuda pacuan. Dan kepada para pedagang juga diminta untuk menjaga kebersihan, agar lintasan pacu kuda tetap bersih dan aman digunakan," katanya.

 

Sebelumnya Ketua Pordasi Sumbar Deri Asta menyampaikan apresiasi dan rasa bangga dari selusuh warga dan insan perkudaan Sumbar dengan kedatangan Prabowo Subianto.

 

Baca Juga : Serap Aspirasi Masyarakat Padang Ganting, Bupati Tanah Datar: Mari Awasi Generasi Muda dari Pengaruh Negatif 

 

“Dihadiri oleh Pak Menhan Prabowo dan Pak Yusril serta pejabat negara lainnya membuat acara ini istimewa. Menunjukkan bukti perhatian terhadap olahraga berkuda. Pak Menhan orang yang hobi berkuda. Akan menambahkan semangat kita dalam olahraga berkuda. Semoga ada yang bisa dibantu dan dikerjasamakan,” katanya. 

 

Joki kuda memacu untuk menjadi pemenang
 

Sementara itu Menhan RI Prabowo Subianto mengatakan, acara pacu kuda di Tanah Datar ini menjadi hiburan bagi masyarakat karena telah rutin dilakukan setiap tahun.

 

"Saya berharap, Pemkab dan stakeholder terkait di Tanah Datar dan Sumbar bisa terus melestarikan acara yang dinanti-nantikan masyarakat ini," ujarnya.

 

Diungkapkan Prabowo, dia sering berada di lapangan ini saat kecil dulu saat masih berumur lima tahun. Sumbar sudah seperti kampung halaman kedua.

 

"Sama dengan pulang kampung rasanya ke sini. Terima kasih saya diterima di sini,” katanya.

 

Prabowo mengatakan, pacu kuda adalah olahraga yang membutuhkan keberanian. Hanya orang yang berani yang bisa naik kuda dengan baik dan cepat.

 

“Karena naik kuda ini satu-satunya olahraga kerja sama manusia dan kuda. Kalau tidak, bisa jatuh dan tak sampai finish,” katanya.

 

Prabowo juga mengatakan, berkuda adalah olahraga kesatria, karena itu ia merasa bangga dengan Bupati dan Pemda dan merasa selalu ingin kembali ke sini. 

 

Baca Juga : Kunjungi Wamenaker RI, Bupati Tanah Datar Ingin Tingkatkan Program Bajak Gratis  

 

"Saya dengar rakyat Sumbar sangat berharap ada bantuan kuda-kuda pejantan. Insya Allah kalau ada kesepakatan dari ninik mamak atau pemda menyiapkan lahan, Saya akan kirim kuda ke Sumbar, namun dengan syarat utamanya Saya harus memastikan dan yakin kuda akan terawat dengan baik,” katanya.

 

Melihat olahraga berkuda berkembang pesat tidak hanya di Sumbar tapi nasional, ia juga memberikan semangat bagi pemuda dan anak-anak muda atau joki berbakat untuk belajar ke Jakarta.

 

"Kalau ada yang ingin belajar para anak muda yang berbakat untuk menjadi joki, silahkan datang ke Jakarta untuk berlatih semua bidang berkuda. Semoga bisa melahirkan atlet berbakat dan mewakili kita di panggung nasional dan internasional," katana.

 

Turut hadir Wakil Bupati Tanah Datar, DPRD Provinsi Sumbar, DPRD Tanah Datar, Forkopimda, Kepala OPD, Ketua TP PKK, dan undangan lainnya. (Prokopim Tanah Datar)

 

Berita Terkait 

 

Pasca Libur Lebaran 1444 Hijriah, Bus Trans Metro Pekanbaru Kembali Beroperasi 

 

Festival Marandang, Wali Kota Padang : Ini Warisan Budaya Turun Temurun  

 

Libur Lebaran, Kuliner Bakso Jadi Favorit Warga di Kota Padang Panjang 

 

 

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama