Serap Aspirasi Masyarakat Padang Ganting, Bupati Tanah Datar: Mari Awasi Generasi Muda dari Pengaruh Negatif

 

Bupati Tanah Datar Eka Putra menyerap aspirasi masyarakat se Kecamatan Padang Ganting di aula kantor camat setempat yang diikuti oleh seluruh perwakilan masyarakat

TANAH DATAR, SENANDUNGKABAR.com  - Permasalahan sosial pada generasi muda menjadi perhatian khusus Pemerintah Kabupaten Tanah Datar. Sebab, generasi muda sangat mudah terpengaruh dengan hal-hal yang negatif.

 

“Permasalahan sosial pada generasi muda menjadi salah satu poin penting untuk diawasi bersama agar tidak terjadi di tengah masyarakat, seperti penyalahgunaan narkoba dan perbuatan Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender (LGBT),” kata Bupati Tanah Datar Eka Putra saat audiensi bersama perwakilan masyarakat se Kecamatan Padang Ganting, Senin (11/7/2022) di aula kantor Camat Padang Ganting.

 

Dalam kunjungan langsung tersebut Bupati Tanah Datar menyerap semua informasi yang diberikan masyarakat. Kunjungan bupati mengikut sertakan beberapa kepala dinas agar bisa dicarikan solusi segera.

 

"Kemajuan teknologi ketika tidak dimanfaatkan secara bijak tentu akan memberikan dampak tidak baik, seperti tontonan yang saat ini sudah dirasuki dengan paham atau kebiasaan LGBT. Begitu juga penyalahgunaan narkoba yang saat ini begitu mudah didapatkan. Disinilah peranan kita selaku ninik mamak, orangtua, guru ataupun sahabat untuk mengawasi agar generasi muda kita, anak-anak kita tidak terjebak di dalamnya," katanya.

 

Ditambahkan Eka Putra, Pemerintah Daerah telah melakukan berbagai upaya, termasuk melahirkan program-program bertujuan meningkatkan keimanan agar mampu menjadi benteng untuk menangkis semua perbuatan negatif itu.

 

"Pemerintah Daerah bersama Forkopimca dan instansi terkait terus secara intens memerangi semua perilaku negatif, seperti LGBT dan Penyalahgunaan Narkoba. Pemerintah Daerah juga meluncurkan program Satu Rumah Satu Hafiz/hafizah untuk meningkatkan keimanan sebagai benteng diri menangkis dari perbuatan negatif," katanya.

 

Bupati Tanah Datar Eka Putra kunjungi masyarakat Kecamatan Padang Ganting

Eka menyebut, semua itu tidak akan bisa terlaksana tanpa adanya dukungan semua pihak. Terutama dukungan keluarga, tokoh masyarakat, tokoh agama dan pihak lainnya untuk mengawasi ataupun mengarahkan ke kegiatan positif, seperti olahraga dan lainnya.

 

"Saat ini, handphone pintar adalah sebuah keharusan bagi anak-anak kita yang dimaksudkan untuk menunjang pembelajaran, berbeda dari 3 tahun lalu dimana handphone bisa dibatasi bahkan dilarang untuk di bawa ke sekolah. Di sinilah peranan kita semua diharapkan untuk mengawasi penggunaan handphone pintar itu," ujarnya.

 

Eka mengharapkan, setiap anak yang ada di Kabupaten Tanah Datar untuk melanjutkan pendidikan  atau bersekolah dan tidak ada yang putus sekolah karena tidak ada biaya. Sebab, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar akan membantu melalui Dinas Sosial, Bagian Kesra dan Baznas agar tidak ada anak yang putus sekolah.

 

"Semua anak Tanah Datar usia sekolah tidak boleh ada yang putus sekolah karena keterbatasan atau ketiadaan biaya, pemerintah daerah hadir untuk membantu melalui Dinas Sosial, Bagian Kesra atau melalui Baznas. Ini tugas Bapak dan Ibuk semua untuk aktif melaporkan kepada dinas terkait itu," ujarnya.

 

Selanjutnya Bupati juga menyampaikan beberapa Program Unggulan (Progul) Pemerintah Daerah lainnya, seperti Progul Bajak Gratis dan Program Makan Rendang di Tanah Datar. Program bajak gratis hadir untuk mengatasi kemahalan biaya produksi petani dalam bercocok tanam atau bertani.

 

“Program Makan Rendang di Tanah Datar adalah program untuk memberantas rentenir dengan pemberian pinjaman untuk UMKM maksimal Rp10 juta tanpa agunan dan hanya dengan biaya administrasi 3persen se- tahun," katanya.

 

Camat Padang Ganting Ronal Satria menyampaikan ucapan terima kasih atas kedatangan Bupati bersama rombongan. Dukungan Progul Tanah Data, kata dia, di Kecamatan Padang Ganting yang terdiri dari 2 Nagari telah ada 122 rumah terpasang stiker hafiz/hafizah.

 

"Alhamdulillah, masyarakat Padang Ganting sangat mendukung Program Satu Rumah Satu Hafiz/Hafizah yang di canangkan pak Bupati dan Wabup. Semoga ini menjadi awal dan cikal bakal masyarakat Padang Ganting bisa terhindar dan jauh dari penyalahgunaan narkoba, perilaku LGBT dan lainnya yang mana akhir-akhir ini cukup merisaukan kita semua," ujarnya.

 

Ronal menambahkan,  dengan kebersamaan dan saling bersinergi antar lembaga di Kecamatan, seperti dengan Forkopimca, Wali Nagari, tokoh masyarakat, ninik mamak, bundo kanduang, pemuda dan unsur lainnya. Perilaku negatif di kalangan generasi muda akan dapat diatasi.

 

"Mari kita perangi penyalahgunaan narkoba dan LGBT serta perilaku negatif lainnya, mari kita tingkatkan prestasi yang telah kita raih. Alhamdulillah, pada MTQ Nasional tingkat Kabupaten prestasi kita sudah naik, walau satu peringkat. Kemudian yang terbaru, kontingen PKK kita juga mampu meraih juara II pada Jambore tingkat Kabupaten," ucapnya. (Prokopim Tanah Datar).

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama