Tinjau Rumah Longsor di Tenayan Raya, BPBD Riau Beri Bantuan ke Korban

BPBD Riau meninjau rumah yang terkena bencana longsor di Kelurahan Bencah Lesung, Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru dan memberikan bantuan

PEKANBARU, SENANDUNGKABAR.com  - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau Edy Afrizal tinjau satu rumah longsor di Kelurahan Bencah Lesung, Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru, pada Kamis (22/12/22). 

 

Saat berada dilokasi bencana, Edy Afrizal melihat langsung kondisi satu rumah warga yang dimiliki Ujang yang sudah rata dengan tanah. Kepala BPBD Kota Pekanbaru Zarman Candra yang juga berada di lokasi bencana menjelaskan, berdasarkan penjelasan warga, kejadian terjadi pada tengah malam tadi. 

 

Di mana galian tanah yang berdiameter besar terletak di tebing tidak jauh dari rumahnya, tiba-tiba longsor. Genangan air dalam galian itu langsung tumpah menyapu rumah keluarga Ujang. 

 

Karena kuatnya tekanan air, langsung menyapu bersih rumah Ujang hingga rata menyeret semua benda yang ada dalam rumah hingga puluhan meter. Bahkan dari lokasi kejadian terlihat sudah rumah kayu semi permanen itu seakan lenyap tak bersisa. 

 

Ujang sebagai kepala rumah tangga serta istri dan anaknya pun mengalami luka-luka akibat hantaman benda-benda isi rumah karena derasnya air. 

 

"Seperti air bah-lah. Dari atas tiba-tiba  tanahnya longsor, lalu air di galian pun langsung menghantam. Galiannyakan posisinya di tebing, lebih tinggi di belakang rumahnya," kata Candra. 

 

Beruntung, rumah-rumah warga yang ada di sekitar tempat kejadian, tidak ada yang rusak. Kecuali hanya terdampak akibat tumpahan air yang begitu cepat dari atas tebing. 

 

Sementara, Kepala BPBD Riau Edy Afrizal menyambangi langsung lokasi tersebut, ia juga sempat mendatangi keluarga korban yang saat ini mengungsi di salah satu rumah tetangganya. 

 

Edy menyampaikan salam dari Gubernur Riau H Syamsuar yang meminta diririnya langsung turun langsung membantu keluarga korban longsor. 

 

"Pak Gubernur menyampaikan salam, meminta agar bersabar menghadapi cobaan ini. Kami mendoakan mudah-mudahan segera pulih luka-luka akibat kejadian ini," ungkap Edy. 

 

Salah satu wujud keprihatinan atas kejadian ini, BPBD Riau sejumlah paket makanan seperti mi instant 5 kotak, gula pasir 10 kilogram serta sarden 10 kaleng.

 

Tidak itu saja, Kabid Perkim Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (PUPRPKPP) Provinsi Riau, Khairul Rizal juga  ikut hadir untuk membantu pihak yang terlibat dalam penanganan lonsor ini. 

 

Turut hadir saat peninjauan, Kabid Kedaruratan BPBD Riau Jim Gafur,  Camat Tenayan Raya Abdul Bachri beserta perangkat warga lainnya. (Mediacenter Riau/mtr)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama