Meriahkan HUT RI ke 77, Gubernur Sumbar Gelar Pengibaran Bendera Merah Putih di Dasar Laut

Gubernur Sumbar dan Wakil Gubernur menggelar kegiatan pengibaran bendera merah putih di dasar laut pada 17 Agustus mendatang

PESISIR SELATAN, SENANDUNGKABAR.com - Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah dan Audy Joinaldy menggelar kegiatan pengibaran sang merah putih di dasar laut untuk memeriahkan HUT ke 77 RI.

 

Pulau Gosong, Kabupaten Pesisir Selatan, dipilih menjadi lokasi pelaksanaan kegiatan pengibaran bendera tersebut, pada Sabtu (6/7/2022). Sebelum kegiatan pengibaran bendera di dasar laut, Gubernur dan Wakil Gubernur terlebih dahulu berolahraga Jetski bersama sembari membawa bendera merah putih.

 

Menurut Gubernur Mahyeldi biasanya bendera merah putih hanya dikibarkan pada Instansi Pemerintahan, kegiatan upacara kenegaraan atau kegiatan formal lainnya namun juga bisa pada kegiatan non formal.

 

"Sebagai identitas negara, bendera merah putih tidak hanya bisa dikibarkan pada saat upacara, di sekolah, kompetisi olahraga, namun juga bisa pada kegiatan non formal, saat ini kita lakukan dengan cara yang berbeda, kita kibarkan di keindahan bawah laut," ujar Mahyeldi.

 

Mahyeldi mengatakan Pengibaran bendera merah putih di dasar laut itu dilaksanakan pada kedalaman sekitar 7 meter dikawasan perairan pulau gosong, Kabupaten Pesisir Selatan.

 

"Saya dan Wagub sengaja menyelam bersama sembari melihat keindahan bawah laut Sumatera Barat. selain indah di daratan Sumbar juga memiliki keindahan bawah laut, lokasi ini sangat cocok untuk menjadi pilihan dalam menyalurkan hobi pecinta snorkeling dan diving," kata Mahyeldi.

 

Selanjutnya ia berharap dengan kegiatan seperti ini bisa meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Sumatera Barat.

 

"Untuk mengenjot potensi wisata bahari, kita akan coba kembangkan lomba jetski. Karena kita memiliki keindahan laut seperti di kawasan Mentawai. Pada kegiatan kali ini, kita sengaja memilih kawasan pulau Gosong Kab. Pesisir Selatan karena lokasinya berada antara perairan Pulau Sumatera dan Pulau Mentawai," katanya.

 

Wakil Gubernur Sumbar saat menjajal jetsky

Sementara itu Wakil Gubernur Audy Joinaldy menyebutkan untuk menuju pulau gosong rombongan berangkat dengan mengendarai Jetski dari Kota Padang, Ikut dalam rombongan tersebut selain Gubernur Mahyeldi juga diikuti oleh tim Indian jetski, Diving Proklamator Universitas Bung Hatta dan Club Selam Minangkabau Diver.

 

"Kegiatan Jetski bersama dan Pengibaran Bendera di Dasar Laut dilakukan dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun kemerdekaan republik Indonesia yang ke 77 dan juga sekaligus mengekspos keindahan alam bawah laut Sumatera Barat," katanya.

 

Terakhir Gubernur dan wakil Gubernur Sumatera Barat mengucapkan Dirgahayu Republik Indonesia ke 77 Selamat HUT RI ke 77, Indonesia. " Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat " Merdeka.

 

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Kepala Dinas Perikanan dan kelautan Desniarti Ishak , Kepala Dinas Kesehatan Lila Yanwar , Kepala Dinas Diskominfotik Jasman Rizal , Kepala Dinas Pariwisata Luhur Budianda SY , Kalaksa BPBD Sumbar, Kapala Dinas BPSDM Sumbar, Kepala Biro Umum Syefdinon beserta tim lainnya. (Humas Sumbar).

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama