IBI Sumbar Gelar Rakerda ke VII dan HUT 71 Tahun


IBI Sumbar gelar Rakerda ke VII dan peringatan HUT 71 Tahun

PADANG, SENANDUNGKABAR.com -  Ikatan Bidan Indonesia (IBI)  Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menggelar Rakerda ke VII dan HUT ke 71 tahun dengan tema perjalanan panjang profesi bidan mewujudkan generasi unggul menuju Indonesia Maju, Sabtu (13/8/2022). Kegiatan ini dibuka secara resmi dengan pemukulan gong oleh Pemerintah Provinsi Sumbar diwakili Sekretaris Dinas Kesehatan Desra Elena ikut hadir  Ketua TP PKK Sumbar Harneli Mahyeldi dan Ketua PB IBI Pusat Eni Nurjasmi.

 

Ketua PB IBI Sumbar Hasnawati mengatakan, tujuan pelaksanaan rakerda ini yakni melakukan evaluasi kepada pengurus daerah, melakukan rencana kegiatan yang akan datang, kemudian rapat kerja daerah merupakan forum konsolidasi dan pembinaan kepada tingkat cabang, ranting dan anggota dalam organisasi Ikatan Bidan Indonesia (IBI) untuk mengevaluasi, menyempurnakan rencana kerja dalam kepengurusan.

 

Hasnawati menambahkan, profesi bidan merupakan profesi yang memberikan pelayanan kesehatan ibu dan anak, oleh karena itu sesuai tema rakerda yakni sesuai tema perjalanan panjang profesi bidan mewujudkan generasi unggul menuju Indonesia maju. Peran bidan yakni meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat  terutama kesehatan ibu dan anak. Kegiatan ini dihadiri semua pengurus dari kab/kota masing-masing mengutus 5 orang ditambah dengan pengurus ranting sehingga berjumlah 393 orang .

 

“Saat ini jumlah anggota IBI se Sumatera Barat sebanyak 99069 orang, saya berharap pengurus cabang IBI se-Sumbar dapat bekerja sama untuk menunjang program pemerintah. Kemudian meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat,” katanya.

 

Parade vanbel dari pengurus IBI se-Sumatera Barat

Sementara itu Sekretaris Dinas Kesehatan Sumbar Desra Elena mengatakan bidan profesi yang luar biasa, terutama dalam membantu ibu yang mau melahirkan dan mengedukasi dan melayani dengan baik sejak ibu masuk masa kehamilan, nifas, bayi baru lahir, ibu menyusui dan perkembangan balita, dengan pelayanan maksimal.

 

 

“Saya menyampaikan apresiasi  kepada seluruh bidan yang sudah ikut membangun derajat kesehatan. Peran para bidan dalam membantu bidang kesehatan khususnya ibu hamil, ibu melahirkan hingga tumbuh kembang anak, KB dan Kespro sungguh luar biasa,” katanya.

 

 

Ketua TP PKK Sumbar Harneli Mahyeldi menyebut, bidan berada pada garis terdepan dalam pelayanan kesehatan ibu dan anak, kesehatan reproduksi perempuan dan keluarga berencana.

 

“Saya mempunyai anak 9 orang dan semua melahirkannya melalui bidan. Selamat ulang tahun IBI yang ke 71 tahun,”katanya.

 

Sementara itu,  Ketua Umum PB IBI Eni Nurjasmi menuturkan, IBI dibentuk pada tanggal 24 Juni 1951, dan hari ini memperingati HUT IBI Ke 71 tahun. Menurutnya, Tugas bidan sangat strategis dalam menyelenggarakan program prioritas ibu, bayi, dan balita.

 

“Tema Rakerda kali konsolidasi organisasi IBI dalam menghadapi perkembangan pelayanan kesehatan ibu dan anak kemudian keluarga berencana (KB), kesehatan reproduksi di masa Pandemi Covid-19. Selamat melaksanakan rakerda,” katanya.

 



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama