DPRD Sumbar Serahkan Rekomendasi LKPJ Pemprov, Terdapat Beberapa Catatan


DPRD Sumbar serahkan rekomendasi LKPJ ke Pemprov Sumbar

PADANG, SENANDUNG KABAR.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) memberikan rekomendasi atas Laporan Kinerja Pertanggung Jawaban (LKPJ) Pemerintah Provinsi (Pemprov). Sejumlah catatan terdapat dalam rekomendasi LKPJ tersebut.

 

“Memang telah banyak capaian kinerja anggaran 2022 yang melampaui target. Bahkan ada yang melampaui target RPJMD,” kata Wakil Ketua DPRD Sumbar Irsyad Syafar, setelah siding paripurna penetapan rekomendasi LKPJ Pemprov, Jumat (12/5/2023).

 

Baca Juga : Tutup Masa Reses Sidang Ketiga, Ketua DPRD Sumbar: Aspirasi yang Dihimpun Anggota Dewan untuk Dapat Diperjuangkan  

 

Irsyad mengatakan, dalam rekomendasi LKPJ dari DPRD Provinsi Sumbar ada beberapa hal yang harus direvisi dari RPJMD sendiri. Targetnya disesuaikan dengan suasana normal, sehingga capaian target kinerja Pemprov Sumbar tahun ini dan tahun depan agar lebih baik lagi.

 

“Kita membahas RPJMD kemarin ini dalam suasana Covid-19 yang belum terbayang nanti perkembangan pertumuhan ekonomi seperti apa. Jadi tentu diantara target itu ada yang belum optimis. Point yang utama dari rekomendasi DPRD agar ada revisi dari RPJMD supaya targetnya disesuaikan dengan suasana normal,” katanya.

 

Irsyad menyampaikan, point point yang harus direvisi yakni target pertumbuhan ekonomi, meskipun telampaui di tahun 2022, namun masih berada di rata rata nasional, karena sebelum Covid-19 bertumbuhan ekonomi di Provinsi Sumbar di atas rata rata nasional sedikit. Kemudian, program pengentasan kemiskinan, pada tahun 2022 program pengentasan kemiskinan mencapai target, sehingga menjadi penurunan tingkat kemiskinan di Provinsi Sumbar, namun tingkat kemiskinan di Sumbar masih diatas rata rata nasional.

 

Baca Juga : Peduli Kesehatan Sanitasi Lingkungan, 5 Anggota DPRD Sumbar Terima Penghargaan Hakli 

 

“Dulu nasional tinggi rata-rata tingkat kemiskinannya. Tapi sekarang kita yang lebih tinggi sedikit. Walaupun secara target RPJMD sudah tercapai. Tapi target RPJMD juga harus diperbaiki, seperti nilai tukar petani, seperti penganggaran APBD 10 persen untuk sector pertanian,” ujarnya.

 

Sementara itu, Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah mengatakan, semua saran dan rekomendasi dari DPRD Sumbar akan ditindaklanjuti dengan baik dan diupayakan direalisasikan dalam waktu dekat.  Semua catatan dan rekomendasi ini sangat tepat dan membangun, sejalan dengan kebutuhan cita-cita daerah.

 

“Hasil dari kinerja kita semua saat ini sudah terlihat dari capaian-capaian indikator makro ekonomi pembangunan Sumbar yang mulai membaik. Namun kita tidak pula menutup mata, masih ada indicator makro yang masih harus diperbaiki seperti tingginya angka pengangguran dan angka pertumguhan penduduk di Sumbar,” katanya.

 

Baca Juga : Dukung Gerakan Literasi, Ketua DPRD Sumbar: Kita Targetkan 1 Juta Judul Buku di Perpustakaan Digital Kantor DPRD 

 

Mahyeldi meminta Organisasi Perangkat Daerah (OPD)  untuk memperhtikan saran dan masukan yang telah disampaikan. Kemudian  di cermati dan analisa untukl diambil langkah-langkah strategis, sehingga semuanya bisa dilaksanakan sesuai dengan masukan dan ketentuan yang berlaku. (Rel)

 

Berita Terkait 

 

Tanggapi Pendapat Pemprov Sumbar, DPRD Nilai Keberadaan Dewan Kebudayaan Penting 

 

Ringankan Pajak Kendaraan Bermotor, Ketua Komisi 3 DPRD Sumbar: Manfaatkan Program 5 Untung 

 

Gawat, Hubungan Sesama Jenis Salah Satu Penyebab Naiknya Jumlah Kasus HIV/AIDS di Kota Bukittinggi 

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama