Tinjau Jalan di Kuala Cenaku, Gubernur Riau: Truk Odol Jadi Penyebab Jalan di Inhu dan Inhil Rusak

Penyebab jalan rusak di Indragiri Hulu yakni truk dengan tonase berat


INDRAGIRI HULU, SEANDUNGKABAR.com  - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar  meninjau jalan rusak di Kuala Cenaku, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), hingga ruas jalan lintas menuju Indragiri Hilir (Inhil). Ruas jalan tersebut sempat viral di sosial media lantaran berulang kali hancur lantaran dilewati truk obesitas mengangkut batu bara.


Gubri Syamsuar mengakui, bahwa truk muatan angkutan batu bara melebihi batas maksmial (tonase) atau truk over dimension over loading (ODOL) merupakan satu di antara penyebab kerusakan jalan di Provinsi Riau.

Baca Juga : Hadapi Mudik Lebaran, Gubernur Riau Instruksikan Seluruh UPT PUPR Perbaiki Jalan Rusak di Riau

“Muatan yang lewat sini bisa mencapai 30 ton, sangat tak sebanding dengan kekuatan badan jalan,” ujar Gubri Syamsuar, Senin (10/04/2023).

Kendati begitu,  Gubri Syamsuar terus berupaya mencari solusi. Sehingga, dia berharap permasalahan angkutan ini bisa diatasi bersama.

Baca Juga : Surati Perusahaan Angkutan Batu Bara, Gubernur Riau: Gunakan Jalur Sungai

"Jangan sampai kita cuma kebagian jalan rusak. Nanti kita panggil [perusahaan batubara], harus ada solusi penyelesaiannya," katanya.

Lebih lanjut, mantan Bupati Siak dua periode ini menyayangkan masih banyaknya melihat mobil-mobil besar yang melebihi kapasitas melintas di jalan Kuala Cenaku. Setelah dari peninjauan ini, Syamsuar bakal memanggil pihak perusahaan untuk mencari jalan keluarnya.

Baca Juga : Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti Ditangkap KPK

“Terkait mobil pengangkutan yang muatannya lebih dari kapasitas, sebetulnya ada di kenakan sanksi.  Namun, Dinas Perhubungan kan tak bisa juga setiap hari memberikannya. Terkait itu kita akan tindak lanjuti bersama dan kalau masih tidak bisa menyelesaikan masalah nanti akan kita panggil perusahaan itu.” ujarnya.

Sebagai informasi, Gubernur Syamsuar berharap jelang lebaran Idul Fitri 1444 H, semua ruas jalan Provinsi yang rusak bisa fungsional. Sehingga saat ini seluruh Unit Pelaksana Tugas (UPT) Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (PUPRPKPP) Provinsi Riau dipercepat untuk melaksanakan perbaikan. (Mediacenter Riau/bib)


Berita Terkait


Lokasi Safari Ramadan di Kota Pekanbaru Kebanjiran, Kadis PUPR Dipanggil Gubernur Riau Turun ke Lokasi

Rakor Mitigasi Bencana Hidrometeorologi Musim Kemarau 2023 Pemrov Riau Dihadiri Wakil Gubernur Secara Virtual

Larangan Buka Puasa Bersama, Gubernur Riau: Berlaku Bagi Pemerintah untuk Masyarakat Boleh Dilakukan

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama