Festival Durian Digelar di Kabupaten Solok Selatan


Festival durian digelar di Solok Selatan


SOLOK SELATAN, SENANDUNGKABAR.com - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan menggelar festival durian. Kegiatan itu sebagai bagian dari peningkatan ekonomi kerakyatan dan daya saing daerah, berbagai event UMKM.


Inovasi pemerintah daerah ini dalam 2 tahun terakhir bertujuan untuk mempromosikan komoditi tersebut sehingga durian Solok Selatan diketahui secara luas dan rasanya juga mampu bersaing baik lokal maupun nasional.


Baca Juga : Gubernur Sumbar Sidak Sejumlah OPD, Pastikan Pelayanan Publik di Pemprov Sumbar Berjalan Normal Sejak Hari Pertama Pascalebaran


"kita pemerintah daerah benar-benar menginginkan setiap komoditi pertanian khususnya durian ini jelas hilirisasinya, sehingga lebih meningkatkan nilai serta ketahanan komoditi ini.", kata Bupati Solok Selatan Khairunas, Jumat (19/4/2024).


Baca Juga : Bencana Lahar Dingin Gunung Marapi di Agam dan Tanah Datar, Gubernur Sumbar Minta Seluruh Pihak Sinergi dan Merespons Cepat Kejadian


Khairunas menjelaskan, melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi & UKM telah melakukan pembinaan pada kelompok-kelompok yang menghasilkan produk-produk olahan durian tersebut agar bervariatif. Dari laporan dinas perindagkop Kabupaten Solok Selatan, sudah muncul produk-produk dari hasil program ini, yaitu Dodol durian dan permen durian. 


"Produk ini walaupun tidak musim durian namun ektraksi rasa durian nya masih dapat kita nikmati," ujarnya.


Baca Juga : Kedapatan Terima Parsel, Pejabat ASN Padang Bisa Disanksi


Khairunas akan terus melakukan pembinaan untuk mengembangkan lagi, baik dari segi rasa, kemasan produk, promosi dan yang pastinya pemasaran produk. 


Festival Durian ini diselenggarakan selama empat hari mulai 16 hingga Puncaknya pada hari Jumat (19/4/2024) dengan berbagai lomba dan turut dihadiri oleh artis nasional Ilham Pranizuki. Turut hadir dalam acara, wabup Yulian Efi, Ketua DPRD Zigo Rolanda, Forkopimda, Sekdab, beserta jajaran pemkab serta undangan lainnya. (Rel)


Berita Terkait

Dugaan Korupsi Alat Praktik Siswa SMK, Kejaksaan Tinggi Geledah Kantor Dinas Pendidikan Sumbar


Seleksi Paskibraka Kota Padang, Diikuti 468 Pelajar Tingkat SMA


Rumah Pangan Kita, Wujudkan Nol Persen Kemiskinan Ekstrem



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama