Jelang Idul Fitri 1444 H, Pemkab Tanah Datar Lakukan Persiapan


Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) yang dipimpin langsung Bupati Eka Putra, Selasa (18/4) di Aula kantor Bupati

TANAH DATAR, SENANDUNGKABAR.com  - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar melakukan persiapan dalam menghadapi lebaran Idul Fitri 1444 hijriyah. Pasalnya akan ada peningkatan jumlah wisatawan yang berkunjung ke kabupaten itu untuk menghabiskan masa libur lebaran.

 

“Pemerintah bersama-sama Forkopimda akan bersinergi melakukan pengawasan dan pengamanan dalam memberikan kenyamanan kepada perantau,” kata Bupati Tanah Datar Eka Putra saat rakor bersama forkopimda, Selasa (18/4/2023).

 

Baca Juga : Kunjungi Masjid Al Hidayah Tanjuang Barulak, Wabup Tanah Datar: Waspadai Cuaca Ekstrim 

 

Eka Putra menyampaikan, selama libur Idul fitri 1444 h akan ada peningkatan kunjungan pada objek wisata, untuk itu dia mengimbau kesiapan setiap objek wisata pada segala aspek dengan mempedomani sapta pesona, lahan parkir dan yang terpenting jangan sampai ada pungutan liar.

 

“Kepada seluruh perangkat daerah juga diingatkan untuk selalu memberikan kenyamanan kepada perantau, khusus OPD yang berhubungan dengan pelayanan masyarakat juga diminta untuk beroperasi selama libur lebaran dengan mengatur jadwal piket,” katanya.

 

Baca Juga : Syukuran Surau Gadang Dipakai, Bupati Tanah Datar: Mari Pertahankan Tradisi 

 

Bupati mengimbau kepada seluruh masyarakat dan perantau yang akan melakukan perjalanan untuk mematuhi arahan dari petugas untuk keselamatan dan kelancaran berlalu lintas.

 

Sementara itu, Wakil Bupati Richi Aprian selaku Ketua PHBI Tanah Datar menyampaikan untuk pelaksanaan salat Idul Fitri 1444 h tahun ini, kemungkinan ada perbedaan didalam penetapan 1 syawal antara pada tanggal 21 dan 22 April 2023.

 

“Tanah Datar siap untuk memfasilitasi keduanya, Insya Allah dilaksanakan dilapangan Cindua Mato Batusangkar.,” katanya.

 

Richi menambahkan,  pada tanggal 20 April 2023 malam akan dilaksanakan Festival Gema Takbiran dan dilanjutkan pawai obor dengan rute seputar kota Batusangkar.

 

Kapolres Tanah Datar AKBP Derry Indra, selaku penanggung jawab keamanan menyampaikan dalam rangka menghadapi libur Idul Fitri 1444 H jajaran Polres telah menyiapkan beberapa titik posko pengamanan khusus di Tanah Datar. Selain itu juga disiapkan beberapa posko dan personil dari TNI, Dishub, Pol PP dan Dinas Kesehatan. 

 

Baca Juga : Ciptakan Kerukunan Umat Beragama, Kesbangpol Kota Padang Miliki Inovasi Terajana 

  

“Khusus untuk antisipasi lonjakan arus lalu lintas akan di berlakukan buka tutup dengan jalur satu arah, contohnya lokasi wisata Istano Basa Pagaruyung. Biasanya di lokasi ini ramai pengunjung, terutama di depan Istano untuk itu kita perlu mengantisipasinya dengan melakukan rekayasa lalu lintas dengan pemberlakuan jalan satu arah," katanya.

 

Hal senada juga di sampaikan Dandim 0307 Tanah Datar Letkol Czi Sutrisno. "Kami siap mendukung keamanan dan kenyamanan dengan menurunkan personil di beberapa tidak rawan nantinya dengan berkoordinasi antar lintas sektor mulai dari nagari sampai pimpinan daerah," sampainya. (Prokopim Tanah Datar/heri)

 

 Berita Terkait

 

Pemko Padang Pastikan Harga Bahan Pokok Stabil Jelang Idul Fitri 

 

Antisipasi Lonjakan Pemudik dan Wisatawan Saat Libur Lebaran, Pemprov Sumbar Siapkan Langkah Strategis 

 

Jaga Ketertiban dan Kententeraman di Bulan Ramadan, Satpol PP Padang Razia Kos Kosan 

 

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama