Saat Hujan Sering Banjir, Wali Kota Padang Panjang Tinjau Penyebab


Wali Kota Padang Panjang meninjau permasalahan banjir di Jalan Syeikh Ibrahim Musa yang sering banjir jika terjadi hujan


PADANG PANJANG, SENANDUNGKABAR.com -  Jalan Syekh Ibrahim Musa, Kelurahan Ekor Lubuk, Kecamatan Padang Panjang Timur (PPT) sering banjir saat musim hujan dengan intensitas yang tinggi. Sebab, saluran pembuangan air di jalan tersebut mengalami pendangkalan.

 

Wali Kota Fadly Amran meninjau langsung kondisi tersebut, Sabtu (18/3/2023). Dia melihat, di dalam saluran air atau roil terdapat tumpukan sambungan pipa dari mata air yang dialirkan ke sejumlah rumah warga. Di samping itu, terjadi pendangkalan akibat sedimentasi. Hal ini disinyalir sebagai penyebab terjadinya luapan air.

 

Wali Kota Padang Panjang Fadly Amran juga menerima sejumlah aspirasi dari warga agar dibuatkan bak khusus, sebagai pusat menampung air bersih dari mata air. Air yang ditampung di situ, kemudian dialirkan ke rumah rumah warga. Tidak dibolehkan ada pipa di dalam riol. Cukup dialirkan dari bak utama.

 

Kemudian, selain pengerukan riol akibat pendangkalan, di antara warga ada yang mengusulkan pengalihan aliran air sebagai solusi debit air tinggi.

 

“Dibuatkan jalur belokan yang mengalihkan air,” kata salah seorang warga saat berbincang dengannya.

 

Fadly mengatakan, dia akan meminta Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) mencek kondisi lapangan. 

 

“Saya akan meminta Dinas PUPR melakukan cek terhadap kondisi ini. Kita akan carikan solusi,” katanya. (Kominfo Padang Panjang)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama