Penataran Wasit Renang se Kota Padang


Kepala Dinas Olahraga Kota Padang Afriadi membuka secara resmi penataran wasit renang

PADANG, SENANDUNGKABAR.com -  Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Pemuda dan olahraga menggelar penataran wasit renang  yang di ikuti 30 peserta, Kamis (2/3/2023). Hal tersebut untuk menciptakan wasit yang memiliki standarisasi pada saat pertandingan di cabang olahraga renang. 


Menurut Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Padang Afriadi, tujuan digelarnya penataran wasit renang ini, untuk meningkatkan wawasan para wasit tentang peraturan perwasitan cabang olahraga renang. Mendorong peran serta masyarakat dalam meningkatkan pengembangan dan prestasi  cabang olahraga renang. 


"Pemerintah Kota Padang memiliki kolam renang teratai yang sering digunakan untuk pertandingan pada cabang olahraga renang. Penataran wasit renang sangat penting agar tercipta wasit yang sesuai dengan standarisasi saat pertandingan,” katanya.


Afriadi berharap, para peserta penataran wasit dapat membawa atlit binaannya untuk berlatih di kolam renang teratai. Sebab, Pemerintah Kota Padang menargetkan pada Porprov  2023 mendatang dari cabang olahraga renang dapat menghasilkan medali emas.


“ Mari gunakan kolam renang teratai untuk berlatih dengan membawa atlit binaan masing-masing,” katanya.


Sementara itu, Kepala Bidang olahraga Dispora Kota Padang Yuherdi menyebut, Dispora sengaja melaksanakan penataran wasit renang se Kota Padang. Kata dia, perlombaan renang saat ini sering dilaksanakan dengan juri atau wasit yang sudah sangat baik. Namun, persoalanannya juri atau wasit yang memimpin pertandingan tidak memiliki sertifikat.


“Jika terjadi protes dalam perlombaan dan wasit tidak memiliki sertifikat akan menjadi permasalahan nantinya yang berakibat fatal,” katanya.


Ditambahkan Yuherdi, untuk menghindari persoalan yang bakal muncul dikemudian hari, Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Padang menggelar penataran  wasit khusus renang.


“Sebelumnya dilaksanakan penataran wasit untuk olahraga yang lain, seperti, tenis meja, bola voli dan lainnya,” katanya. (Rel)

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama