Presiden Jokowi Minta Pemda Tingkatkan Belanja Produk Dalam negeri

 

Presiden Jokowi saat rapat kerja nasional

BALIKPAPAN, SENANDUNGKABAR.com - Presiden Joko Widodo meminta pemerintah daerah (Pemda) se Indonesia dapat meningkatkan belanja produk dalam negeri untuk tahun 2023 ini. 

 

Presiden RI menerangkan, mengenai belanja produk dalam negeri agar tahun ini ditingkatkan. Karena sebutnya, peluang belanja produk dalama negeri tahun ini kurang lebih Rp1.100 triliun. 

 

Dia menjelaskan, angka Rp1.100 tersebut jauh di atas realisasi produk dalam negeri tahun lalu, yakni berada pada angka Rp762 triliun.

 

Oleh karena itu ia meminta agar pemerintah daerah, kabupaten/kota, membelanjakan APBDnya untuk membeli produk dalam negeri 

 

"Masih ada peluang untuk meningkatkannya, agar kita bisa membantu umum naik kelas," sebutnya dalam pembukaan Rakernas APPSI di Balikpapan, Kamis (23/2/23). 

 

Pada kesempatan tersebut, Joko Widodo juga mengingatkan kembali Pemda mengenai iklim investasi. Karena sebutnya, kunci pertumbuhan ekonomi semua negara sekarang ini yang paling penting adalah bagaimana investasi itu masuk. 

 

Terangnya, semua negara memperebutkan yang namanya investasi. Oleh sebab itu, ia meminta dicek kembali mengenai kemudahan perizinan. 

 

"Tolong di cek kembali mengenai perizinan (investasi). Kemudian, ditekankan kepada bupati dan wali kota dicek betul-betul stunting, utamanya yang masih tinggi dilihat dan dimonitor dan selalu, harus ada selalu penurunan setiap tahunnya," tambah dia. (Mediacenter Riau/ip)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama