DPRD Gelar Sidang Paripurna Nota Pengantar Ranperda Pelestarian dan Pemajuan Kebudayaan Daerah Sumbar

Sidang Peripurna nota pengantar ranperda pemajuan dan pelestraian kebudayaan daerah Sumbar

PADANG, SENANDUNGKABAR.com - Provinsi Sumatera Barat kaya akan budaya dan adat istiadat. Untuk melestarikan adat dan istiadat serta budaya tersebut agar tidak tergerus perkembangan zaman, DPRD  Provinsi Sumbar menginisiasi ranperda tentang pelestarian dan pemajuan kebudayaan daerah.

 

Menurut Wakil Ketua DPRD Sumbar Irsyad Syafar, untuk melestarikan kebudayaan perlu adanya payung hukum yang jelas agar kian hari tidak tergerus perkembangan zaman, sehingga pemerintah atau negara hadir dalam pelestarian kebudayaan tersebut.

 

“Kehidupan generasi milenial saat ini tidak akrab dengan budaya daerah. Lama kelamaan akan musnah kebudayaan tersebut, terutama kebudayaan tak benda seperti adat istiadat, agama, karakter dan norma-norma. Kalau tidak dilestarikan dan dimajukan dalam waktu sekian tahun akan musnah, kata Wakil Ketua DPRD Sumbar Irsyad Syafar setelah sidang peripurna Nota Penjelasan Ranperda Pemajuan dan Pelestarian Kebudayaan Daerah, Senin (06/02/2023).

 

Kebudayaan sangat penting untuk diperhatikan dalam perencanaan pembangunan, baik pembangunan skala nasional ataupun skala daerah. Sebab, kebudayaan melekat kepada setiap individu dan kelompok bangsa yang merupakan ekspresi dari kompleksitas kehidupan.

 

Irsyad menyebut, banyak pelestarian budaya daerah yang harus dipertahankan seperti, bahaya, permainan anak nagari, agama karena sumbar identik dengan adat basandi syarak , syarak basandi kitabullah

 

Sementara itu Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy menyambut positif atas inisiasi ranperda pelestarian dan pemajuan kebudayaan daerah.

 “Ranperda pemajuan dan pelestarian kebudayaan lokal akan dapat melindungi kebudayaan – kebudayaan yang ada saat ini,” katanya.

Audy menyebut, keragaman budaya harus diakui, Provinsi Sumatera Barat salah satu provinsi yang banyak memiliki keragaman kebudayaan, mulai dari makanan, kesenian dan lainnya.

“Saya berharap hadirnya ranperda pemajuan dan pelestarian kebudayaan dapat mengangkat kebudayaan-kebudayaan daerah dan keberagaman di Provinsi Sumbar,” katanya. (Rel)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama