Dispora Sumbar Gelar Rakor Rancangan Awal Rencana Kerja Perangkat Daerah Bidang Olahraga dan Kepemudaan


Rapat koordinasi forum organisasi daerah rancangan awal rencana kerja daerah OPD pada Dinas Olahraga


BUKITTINGGI, -  Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Barat menggelar forum organisasi perangkat daerah rancangan awal rencana kerja daerah, Senin (13/2/2023). Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD )se kabupaten/kota se Provinsi Sumatera Barat di bidang olahraga dan kepemudaan, kepala OPD Pemprov Sumbar dan Organisai kepemudaan, dibuka secara resmi oleh Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah.

 

Kegiatan Forum Perangkat Daerah merupakan forum sinkronisasi pelaksanaan urusan pemerintahan daerah untuk merumuskan program kegiatan sesuai dengan tugas dan fungsi perangkat daerah provinsi kabupaten/kota.

 

Plt Kepala Dispora Sumbar Maifrizon mengatakan, tujuan kegiatan forum perangkat daerah yakni, untuk menyelaraskan program dan kegiatan Dispora Provinsi Sumatera Barat dengan usulan program dan kegiatan hasil musrenbang kabupaten/kota untuk rencana kerja Dispora Provinsi Sumbar.

 

"Mempertajam indikator serta target kinerja program dan kegiatan Dispora Provinsi Sumatera Barat," katanya.

 

Ditambahkan Maifrizon, kemudian untuk, menyelaraskan program kegiatan antar perangkat daerah provinsi/kabupaten/kota dalam rangka mencapai sasaran sesuai dengan kewenangan dan sinegritas pelaksanaan prioritas pembangunan daerah.

 

" Menyesuaikan pendanaan program dan kegiatan prioritas berdasarkan pagu indikatif," katanya.

 

Sementara itu Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah mengatakan, anggaran dari pemerintah pusat ke pemerintah daerah semakin berkurang, oleh karena itu dengan rapat koordinasi dapat memfokuskan antara dana provinsi dan kab/kota untuk menyinkronkan sehingga memberikan efek yang maksimal terhadap pengembangan pemuda dan olahraga.

 

Ditambahkan Mahyeldi, untuk mempersiapkan Porprov tahun 2023 ini, yang akan menjadi tuan rumah yakni, Kota Padang, Kota Pariaman dan Kota Padang Panjang. Pemprov Sumbar telah mengalokasikan anggaran untuk masing-masing cabang olahraga sebesar Rp200 juta.

 

“Saya berharap kab/kota dapat melaksanakan Porprov dengan alokasi anggaran yang ada. Sebab, anggaran yang dialokasikan lebih meningkat dari pada tahun-tahun sebelumnya,” katanya.

 

Mahyeldi menuturkan, selain pembinaan Olahraga, pembinaan pada pemuda sangat  penting, karena 60 persen penduduk saat ini adalah pemuda, oleh karena itu koordinasi dan mengoptimalkan anggaran untuk kegiatan pemuda harus dilaksanakan oleh masing-masing kab/kota, sehingga dengan sinergi dan koordinasi.

 

“Maka pemuda dan pemudi yang ada di Sumbar akan terfasilitasi dan terperhatikan pengembangan potensi bakat minat disamping melalui dinas pendidikan yang ada di kab/kota,” katanya. (Rel)


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama