Usai Banjir, Sungai Batu Busuk Dikeruk Pemko Padang

Pengerjaan pengerukan sungai Batu Busuk yang mengalami pendangkalan


PADANG, SENANDUNGKABAR.com - Penyebab terjadinya banjir di Batu Busuk, Kelurahan Lambung Bukit, Kecamatan Pauh, Padang, pada tanggal 23 Januari lalu akhirnya didapat. Pendangkalan Sungai Batu Busuk merupakan penyebab utama banjir tersebut. 
 
Tak ingin banjir terulang lagi, Pemko Padang merespon cepat. Dinas PUPR Kota Padang dan BWS Sumatera V bekerjasama mengatasinya. Menurunkan dua alat berat, Sungai Batu Busuk dikeruk. 
 
"Penyebab banjir adalah pendangkalan Sungai Batu Busuk, sehingga debit air tidak tertampung dan tumpah di area pemukiman warga," ungkap Wali Kota Padang Hendri Septa, kemarin. 
 
Sungai Batu Busuk merupakan daerah kewenangan BWS Sumatera V. Dua alat berat yang diturunkannya mengeruk dasar sungai. Batu yang mengendap di dasar sungai dikeluarkan. 
 
"Batu hasil pengerukan diletakkan di pinggir sungai untuk mempertinggi tebing, hal ini berguna sebagai dinding pencegah melubernya air ketika debit air sungai meninggi karena hujan nanti," ucap wali kota. 
 
Mencari solusi permanen agar tidak lagi terjadi banjir di daerah itu, Wali Kota Padang bersama Kadis PUPR dan Kalak BPBD akan terbang ke Jakarta pada pekan depan. Wako akan meminta melaporkan sekaligus mencari solusi kepada kementerian terkait. 
 
Respon cepat dari Pemko Padang mengatasi banjir di Batu Busuk diapresiasi warga sekitar. Seorang warga Batu Busuk, Ijas, mengatakan bahwa pengerukan dasar sungai merupakan solusi yang tepat dalam mengatasi banjir di daerahnya. Sebab selama ini, sungai tersebut memang terjadi pendangkalan. Tidak pernah dikeruk. 
 
"Terimakasih kepada pak wali, solusi ini akan mengamankan banyak hal, selain pemukiman yang teramankan dari banjir, juga lahan pertanian warga yang terbebas dari air bah," ucapnya.(Charlie)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama