Wali Kota Padang Panjang Resmikan Pembangunan Sport Center


Pemerintah Kota Padang Panjang memulai pembangunan sport center yang ditargetkan selesai pada tahun (04/20/2023) mendatang


PADANG PANJANG, SENADNSUNGKABAR.com – Pemerintah Kota Padang Panjang membangun sport center di Sago Kelurahan Ngalau, Kecamatan Padang Panjang Timur. Wali Kota Padang Panjang Fadly Amran meresmikan pembangunan sport center tersebut, Senin (10/10/2022).

 

Pembangunan sport center ini dibiayai Rp 70 miliar melaluu APBD Kota Padang Panjang, dilaksanakan multi years. Pembangunan ini dilaksanakan oleh PT Tureloto Batta Indah (TBI), selaku pemenang tender ini, dan ditargetkan selesai 4 Oktober 2023 (330 hari).

 

Melalui dana yang dialokasikan tersebut, bakal dibangun satu gedung serba guna, venue skateboard, lapangan voli, basket, tenis, dan panjat tebing. Luas lahan sport center ini sekitar 5,7 hektare.

 

Wali Kota Padang Panjang Fadly Amran menyampaikan, pembangunan sport center ini melewati jalan panjang dan berliku. Dia menambahkan sport center ini masuk dalam visi dan misi, RPJMD 2018-2023, upaya itu dimulai tahun2019 dengan melengkapi administrasi, proses komunikasi dan sosialisasi hingga bisa berjalan sampai hari ini.

 

"Semoga sport center ini bisa selesai, bermanfaat bagi masyarakat. Terima kasih dukungan warga, keikhlasan tanahnya untuk pembangunan sport center ini," katanya.

 

 

Menurutnya Fadly, sejumlah infrastruktur telah dibangun untuk menunjang Padang Panjang sebagai Kota Pendidikan, Kota Serambi Mekkah, dan Kota Sehat. Hal itu terlihat dari adanya Pasar Pusat, RSUD, Masjid Islamic Center, dan Madrasah Aliyah Program Khusus (MAPK).

 

Berangkat dari situ, dirinya bersama Wakil Wali Kota Padang Panjang Asrul, dan DPRD kemudian memprogramkan langkah pembangunan sport center tersebut.

 

"Kalau sarana prasarana ini cukup, ini bisa menjadi Sport Academy. Bagaimana sekolah olahraga bisa hadir melengkapi Kota Padang Panjang sebagai kota pendidikan," katanya.

 

Fadly berharap pembangunan sport center bisa dikebut, dimanfaatkan untuk Porprov di Kota Padang Panjang. Konsep sportainment hendaknya bisa dikemas di sport center tersebut, sehingga menarik kunjungan ke Kota Padang Panjang. Ditambahkan Fadly, aula utama, bisa jadi venue bela diri, tinju, atau MMA.

 

 "Venue untuk Porprov hendaknya bisa dikebut. Bisa dimanfaatkan. Kita ambil ini sebagai sportainment. Melirik aspek kepariwisataan, menjadi magnet kunjungan ke Kota Padang Panjang," katanya.

 

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Padang Panjang Mardiansyah mendukung pembagunan sport center. Menurutnya, ini merupakan sebuah semangat, harapan dan keinginan masyarakat.

 

Program unggulan wali kota. Harapan kita bersama, sc ini  selesai sesuai jadwal," ujarnya.

 

Mardiansyah menyebut, dengan adanya sport center ini, event nasional maupun Sumatera Barat bisa ditarik ke Kota Padang Panjang, sehingga memberikan dampak ekonomi kepada masyarakat.

 

Dia berpesan kepada rekanan yang melaksanakan pembangunan ini, mau melaporkan bila kendala terjadi di lapangan.

 

"Ini harus selesai. Apapun jadi kendala sampaikan, komunikasikan," ujarnya.

 

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Maiharman menjelaskan, luas 5,7 hektare lahan sport center bukanlah lahan produktif atau pertanian.

 

"Terima kasih masyarakat Sago, Ngalau, Nagari Gunung, pembebasan lahan bisa berjalan lancar," katanya.

 

Turut hadir, Dandim 0307/TD, Letkol. Czi. Sutrisno, ST, Kapolres, AKBP. Donny Bramanto, SIK, Kepala Kejaksaan, Nilma, S.H, unsur Forkopimda lainnya, jajaran pejabat Pemko dan undangan lainnya. (Kominfo Padang Panjang).

 

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama