Event Pacu Kuda Digelar, Diawali Ninik Mamak Arak-Arakan Naik Bendi Menuju Bancalaweh

 

Alek pacu kuda Nagari Bancalaweh Kota Padang Panjang resmi digelar, berbagai nomor pertandingan diikuti peserta

PADANG PANJANG, SENANDUNGKABAR.com – Alek pacu kuda Nagari Padang Panjang, Batipuah, X Koto resmi digelar. Kegiatan tersebut dimulai dengan arak- arakan ninik mamak dengan menumpang bendi.


Wali Kota Padang Panjang Fadly Amran, Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Sumatera Barat, Fauzi Bahar serta ninik mamak perwakilan dari 23 nagari di Pabasko berada di atas bendi ini menuju lokasi acara.

Mengunakan 14 buah bendi dan bugih, arak-arakan ini dimulai dari pendopo rumah dinas wali kota. Melewati rute SMKN 1, Gedung M. Syafei, Pasar Pusat, Tanah Hitam dan finish di Gelanggang Pacuan Kuda disambut dengan Tari Gelombang.

Sebelumnya, Wako Fadly menyampaikan, “alek pacu kudo” ini merupakan tradisi yang mendapatkan antusiasme luar biasa dari masyarakat.

"Tahun 2019 lalu, hampir 30 ribu lebih masyarakat yang hadir menyaksikan event pacu kuda ini. Saya rasa saat ini akan lebih dari itu," katanya.

Fadly Amran menyebut, pada penyelengaraan kali ini, panitia telah menyiapkan sarana berjualan bagi UMKM secara gratis. Mudah-mudahan bisa dinikmati bersama dan menjadi sejarah yang luar biasa sebagai sarana kekerabatan dan silaturahmi.

Sementara itu ketua LKAM Sumbar Fauzi Bahar menyampaikan, Kota Padang Panjang akan menjadi pilot project terkait  restorative justice. Ini sesuai dengan kerja sama Polda Sumbar bersama LKAAM Sumbar.

"Mohon dukungan ninik mamak. Selasa lusa, kita akan lakukan penandatanganan hal tersebut,"katanya.

Dalam kesempatan ini, Fauzi juga mengundang ninik mamak Pabasko untuk dapat hadir dalam acara melewakan gala Kapolda Sumbar yang akan berlangsung pada 1 Juli mendatang di Istano Basa Pagaruyung. (Kominfo Padang Panjang).

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama